USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Fakultas Farmasi USD Rayakan Puncak Dies XXV Secara Daring

diupdate: 1 bulan yang lalu






Selasa (7/7) Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) merayakan Puncak Dies Natalis XXV di ruang Drost Kampus III USD. Kegiatan ini diadakan melalui aplikasi zoom dan live streaming melalui kanal Youtube BEMF Farmasi USD dengan tema “Melalui Keluarga Mewujudkan Keutuhan Ciptaan dan Kemandirian Bangsa di Bidang Kesehatan”. Puncak Dies Natalis XXV Fakultas Farmasi USD ini dihadiri oleh dosen, karyawan, mahasiswa, dan alumni Fakultas Farmasi USD. Selain itu juga hadir Rektor USD Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D; Wakil Rektor I USD Rohandi, Ph.D; dan para lulusan Fakultas Farmasi USD baik yang bekerja di Apotek, Rumah Sakit, maupun industri.

Tema tersebut merupakan hasil refleksi dan pengalaman dari panitia pelaksana Dies Natalis XXV Fakultas Farmasi USD. Michael Raharja Gani, M.Farm., Apt. sebagai ketua panitia mengatakan bahwa tema ini berawal dari dinamikanya selama menempuh pendidikan dan menjadi tenaga pendidik di Fakultas Farmasi USD yang memiliki dinamika seperti sebuah keluarga. Acara inti dari perayaan Dies Natalis XXV Fakultas Farmasi USD yakni laporan tahunan Dekan Fakultas Farmasi USD, Dr. Yustina Sri Hartini, Apt.  dan orasi dengan tema “Peran Farmasis dalam Mewujudkan Kemandirian Bangsa di Bidang Kesehatan” oleh Emanuel Melkiades Laka Lena, S.Si., Apt.

Dalam laporan tahunan Dekan Fakultas Farmasi USD, Dr. Yustina Sri Hartini, Apt. menyampaikan bahwa saat ini Fakultas Farmasi USD mengelola 3 program studi yakni program studi Program Sarjana Farmasi, Program Profesi Pendidikan Profesi Apoteker, dan Program Magister  Farmasi. Fakultas Farmasi USD siap berkontribusi mengeksplorasi, mengembangkan, dan mempertanggungjawabkan kemanjuran keamanan dan mutu obat modern asli di Indonesia. Hasil kinerja dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan tercermin dari optimalnya profil masa studi, IPK, dan poin aktivitas non akademik mahasiswa, serta masa tumbuh studi. Selain itu capaian para alumni menjadi salah satu bukti diterima dan diakuinya kompetensi lulusan Fakultas Farmasi USD.

Rektor USD Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D dalam kesempatannya memberikan sambutan menyampaikan bahwa saat sebagian besar masyarakat beraktivitas di dalam rumah, tidak menurunkan semangat, kemauan, dan tekad untuk terus tumbuh dan menghasilkan sesuatu yg bersifat kontributif. Selain itu menteri kesehatan Republik Indonesia, Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad. memberikan sambutan melalui tayangan video. Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad. menyampaikan harapan untuk Fakultas Farmasi USD agar dapat melahirkan farmasis-farmasis yang lebih mengedepankan atau menemukan obat modern asli Indonesia. Dengan demikian kiprah dari semua yang berperan dalam pendidikan di Fakultas Farmasi USD akan diuji untuk menjadi pribadi-pribadi farmasis yang dapat dimanfaatkan ataupun bermanfaat bagi kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Fakultas Farmasi USD juga memiliki lulusan terbaiknya yaitu Apt. Emanuel Melkiades Loka Lena, S.Si. yang merupakan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang menyebutkan bahwa Fakultas Farmasi USD merupakan salah satu dari sekian Fakultas Farmasi terbaik di negeri ini sudah banyak melakukan banyak subangsih bagi dunia farmasi dan kesehatan melalui para alumninya. Pak Melki mengatakan bahwa Fakultas Farmasi USD merupakan sebuah keluarga yang melahirkan farmasis hebat bagi bangsa dan negara. Selain itu ikatan keluarga besar alumni Farmasi USD juga berkontribusi besar dengan membantu masyarakat, tenaga medis, dan instansi lainnya dalam megatasi pandemi Covid-19.

Dalam merayakan Puncak Dies Natalis XXV Fakultas Farmasi USD ini ada kesempatan  pemberian penghargaan kepada para mahasiswa Fakultas Farmasi USD yang meraih beberapa prestasi di bidang akademik dan non akademik.

(GSEP & BGP)

  kembali