USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

KKN USD ANGKATAN 60
“Peran Mahasiswa dalam Penangangan Covid-19”

diupdate: 1 bulan yang lalu






Bertempat di Ruang Kadarman Kampus 2 Universitas Sanata Dharma (USD) hari Rabu, 1 Juli 2020 Rektor USD, Drs. Johanes Eka Priyatma M.Sc.,Ph.D. melepaskan 898 mahasiswa, yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Program Kuliah Kerja Nyata Mandiri ini mengusung tema “Peran Mahasiswa dalam Penanganan Covid-19”.

Dalam memberikan sambutan, Rektor USD menyampaikan bahwa saat ini semua pihak sedang berjuang mengatasi penyebaran Covid-19 dan Universitas Sanata Dharma sebagai institusi pendidikan tinggi tidak bisa mengatakan tidak untuk mendukung usaha-usaha pengatasan persoalan ini. Oleh karena itu KKN yang kita selenggarakan ini harus dipahami dan ditempatkan dalam konteks tersebut. Maka diputuskan untuk menyelenggarakan KKN Mandiri. USD memiliki harapan besar dalam situasi yang dapat kita sebut ‘tidak normal’ ini di mana pada dasarnya adalah kita harus menghindari perjumpaan fisik yang dekat dan hangat, membuka peluang dan cara pandang baru bagaimana kita memahami realitas kita dan bagaimana kita bisa melakukan kontribusi. Tetapi yang paling penting adalah mencoba memahami realitas kita supaya tujuan besar dari KKN tetap terlaksana. Sehingga dapat mencetak salah satu profil lulusan USD yaitu lahirnya lulusan yang memiliki kesadaran dan bela rasa yang tinggi.

Selanjutnya dalam laporannya Kepala Pusat Kuliah Kerja Nyata Dr. Sebastianus Widanarto Prijowuntato, S.Pd., M.Si. mengatakan bahwa acara penerjunan KKN Mandiri angkatan 60 tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dan kanal Youtube Humas USD, mengingat situasi dan kondisi pandemi yang sampai saat ini belum mereda. KKN Mandiri angkatan 60 dilaksanakan di tempat mahasiswa tinggal, dan dilakukan secara individual pada lingkungan tinggal mahasiswa. Ia menambahkan bahwa para peserta KKN Mandiri telah mendapatkan pembekalan KKN secara daring yang dilaksanakan  pada tanggal 22-26 Juni 2020 oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan dibantu oleh Asisten Pendamping Lapangan (APL).

Setelah sambutan dan laporan Kepala PKKN, acara penerjunan dilanjutkan dengan penyerahan bendera sebagai simbolisasi penerjunan secara resmi oleh Rektor USD kepada dua orang wakil mahasiswa peserta KKN Mandari, kemudian ditutup dengan doa, dan pengumuman tentang operasional KKN oleh Simon Arsa Manggala, S.S., M.Hum.

(DPG & GSEP)

  kembali