USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Peran Alumni Farmasi USD dalam Praktek Kerja Mahasiswa Apoteker USD di Era Pandemi

diupdate: 2 bulan yang lalu




Dampak dari pandemi Covid-19 dirasakan oleh mahasiswa Program Srudi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) angkatan 39 dan 40 Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD), karena ditunda dan dibatalkannya Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA). Mahasiswa PSPPA angkatan 39 dijadwalkan PKPA pada bulan November 2019-Mei 2020, namun harus ditarik dari tempat praktek pada bulan Maret 2020 karena adanya pandemi Covid-19. Sedangkan mahasiswa PSPPA angkatan 40 dijadwalkan PKPA pada bulan Mei-November 2020 harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Paguyuban Alumni Farmasi Sanata Dharma (PALFASADHA) turut prihatin terhadap mahasiswa PSPPA angkatan 39 dan 40 yang terkendala PKPA sehingga mereka ingin berperan dan terlibat untuk memberikan ilmu dan sharing pengalaman secara daring melalui webinar.

Webinar pertama yaitu bidang Industri dilakukan pada tanggal 27 Juni 2020 pukul 08.30-12.00 yang dibagi dalam 3 sesi. Webinar dilakukan melalui Microsoft Team dan diikuti oleh seluruh mahasiswa PSPPA angkatan 39 dan 40, para dosen, dan para alumni. Sebelum webinar dimulai ada sambutan dari Dekan Fakultas Farmasi USD, Dr. Yustina Sri Hartini, Apt.dan dari Ketua Program Studi PSPPA USD Dr. Agatha Budi Susiana Lestari, Apt.

Sesi pertama Webinar tersebut dibawakan oleh Andreas Donny Prakasa, S.Farm., M.Sc. yang juga sebagai Ketua PALFASADHA, saat ini Mas Donny begitu panggilan akrabnya bekerja sebagai Kepala Bagian Inspeksi Produk Biologi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Mas Donny membawakan materi tentang “Pengawasan Sarana Produksi Produk Terapetik”. Sesi kedua dan ketiga mahasiswa dibagi dalam 3 kelompok, masing masing kelompok dengan narasumber yang berbeda. Topik sesi kedua tentang “Research and Development”, narasumber pada sesi kedua kelompok satu adalah Emanuel Doni Ramdani yang merupakan alumni Farmsi USD angkatan 2007, kelompok dua adalah Sin Lie Fransiska alumni Farmasi USD angkatan 2007, dan kelompok tiga adalah Tyas Ayu Puspita alumni Farmasi USD angkatan 2003. Materi sesi ketiga tentang “Uji Klinik”, narasumber kelompok satu sesi tiga adalah Valentina Ermita Herdani alumni Farmsi USD angkatan 2006, kelompok dua adalah Maria Intan Josi, M. Farm., Apt, ACRP-CP alumni Farmasi USD angkatan 2006, dan narasumber kelompok 3 adalah Purnama Dewi Yuli Astuti, S.Farm., Apt. alumni Farmasi USD angkatan 2002.

Webinar Alumni bidang Industri direncanakan akan dilaksanakan sebanyak tiga kali setiap hari Sabtu. Selain bidang Industri juga akan dilaksanakan Webinar Alumni bidang lain sesuai dengan bidang PKPA mahasiswa PSPPA USD yaitu bidang Rumah Sakit, Apotek, Pedagang Besar Farmasi (PBF), dan bidangg Puskesmas.

(MAA)

  kembali