USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Colloquium 2020: The Chinese, the Communist, and the Jews in Umar Kayam’s Fiction

diupdate: 4 bulan yang lalu



Jumat (6/3), Magister Kajian Bahasa Inggris (MKBI) Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan Colloquium 2020 dengan mengusung tema “The Chinese, The Communist, and The Jews in Umar Kayam’s Fiction”. Diskusi yang diadakan di Ruang Lontar, Gedung Pascasarjana USD ini dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen dari USD maupun dari luar USD. Bapak Paulus Sarwoto, Ph.D yang merupakan Dosen sekaligus Ketua Program MKBI USD hadir sebagai pembicara. Tujuan diadakannya diskusi ini yaitu untuk memperbarui dan mengembangkan keilmuan yang dimiliki oleh dosen maupun mahasiswa atas penelitian yang sedang dilakukan dosen.

Kegiatan tersebut merupakan diskusi bulanan atau Academic Conversation yang diselenggarakan MKBI USD untuk berbagi ilmu antara dosen dengan para mahasiswa di luar kegiatan kuliah. Tema tersebut dipilih karena keprihatinan yang terjadi di Indonesia atas banyaknya kasus, intoleransi, fundamentalisme, ekstrimisme, dan SARA yang masih banyak terjadi di Indonesia. Fiksi dari Umar Kayam banyak mendiskripsikan mengenai kehidupan masyarakat dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial dan literatur maupun puisi, karena hal tersebut dapat menggambarkan kondisi dan perasaan dari penyair dan masyarakat.

Bapak Paulus Sarwoto, Ph.D selaku pembicara menjelaskan bahwa Umar Kayam memiliki banyak karya sebagai suara atas keprihatinan yang terjadi di masyarakat Indonesia. Selain itu, ia berharap bahwa apa yang dipelajari dalam diskusi kali ini dapat menjadi ilmu yang semakin kontekstual dan mendalam di dalam kegiatan akademik di luar perkuliahan.

(DM & DBS)

  kembali