USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Bonifasius Kristiawan, Alumnus USD: “Kunci Sukses adalah Tekun dan Peka Terhadap Peluang”

diupdate: 3 minggu yang lalu


Bonifasius Kristiawan adalah salah satu alumnus Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma (FST USD). Sebelum melanjutkan ke jenjang Program Sarjana Teknik Elektro FST USD, pria yang akrab disapa Boni ini terlebih dahulu menuntut ilmu di D3 Mekatronika USD. Tidak ingin membuang-buang waktu setelah mendapatkan gelar Sarjana Teknik pada April 2017, Boni langsung memutuskan untuk membuka usaha 3D print.

Awalnya Boni tidak mendapatkan izin dari orangtua dan lebih disarankan untuk mencari kerja saja (tidak menjadi seorang businessman). Namun dengan tekad dan niat yang kuat Boni meyakinkan orangtuanya. Dalam waktu 2 bulan Boni melakukan riset alat hingga pasar dan tepat pada tanggal 2 Juni 2017 resmi membuka usaha 3D print yang diberi nama “Creativo”.

Creativo terletak di  Jalan Paingan 7 Nomor 96E, Krodan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini, konsumen serta produk Creativo telah tersebar ke seluruh Indonesia bahkan dapat dijumpai di Tokopedia. Padahal awalnya, usaha Creativo ini dimulai dengan modal yang sangat sedikit dan hanya memiliki 1 mesin. Kini Creativo telah memiliki 4 mesin serta 2 orang pekerja tetap dan 3 orang rekan kerja sama (2 orang bagian spesialis miniatur dan 1 orang bagian Research and Development). Creativo yang sudah berjalan hampir 3 tahun inipun sedang berusaha memperluas usahanya dan untuk itu kini Boni membuka lapangan kerja.

Keberhasilan usaha Boni ini terbukti dari produknya yang berupa model kereta asli Indonesia yang high detail mampu terjual sampai ke Queensland Ausse, Munchen Jerman, Berlin Jerman, Utrecht Belanda, dan Jepang. Selain usaha 3D print, Boni memiliki usaha lain berupa cuci sepatu. Usaha cuci sepatu tersebut bernama “Spotless Bar” yang kini telah memiliki 2 cabang dan terdapat 3 orang pekerja setiap cabangnya.

Nothing to lose” adalah motto yang dipegang oleh Bonifasius Kristiawan dalam melakukan segala hal. Boni berusaha untuk bekerja sebaik mungkin/semaksimal mungkin serta mengedepankan proses dan percaya bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses. Dan untuk usahanya sekarang baik Creativo maupun Spotless Bar, Boni memegang prinsip bahwa kepuasan konsumen adalah kepuasannya juga. Boni pun memberikan sedikit saran bagi mahasiswa USD yang ingin memulai usaha yaitu peka terhadap peluang yang ada. Dan bagi kaum muda, jangan pernah takut gagal dan tetap tekun dalam berusaha.

(EAN & OZSP)

  kembali