USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kelas Sit-In: Bergabungnya Mahasiswa Asing dan Mahasiswa USD untuk Perluas Wawasan Global

diupdate: 4 minggu yang lalu



Pada semester genap tahun akademik 2019/2020, Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) Universitas Sanata Dharma (USD) mengatur kelas sit-in bagi para mahasiswa internasional. Para mahasiswa internasional ini merupakan mahasiswa dari berbagai program kerjasama, seperti program pertukaran satu semester dengan Jilin International Studies University (JISU), Tiongkok; pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dengan mahasiswa HAN University, Belanda; dan pengenalan bahasa dan budaya Indonesia bagi para penerima beasiswa Darmasiswa di USD yang berasal dari 12 negara berbeda, seperti Filipina, Britania Raya, Thailand, Jepang, Rusia, Tiongkok, Laos, Belarus, Azerbaijan, Austria, dan Polandia. Dalam kegiatan ini, selain untuk mengenal dan belajar bahasa serta budaya Indonesia, para mahasiswa internasional diberi kesempatan untuk menambah ilmu dan pengalaman dengan mengikuti perkuliahan bersama dengan mahasiswa reguler USD.

Untuk memenuhi minat masing-masing, 30 mahasiswa internasional tersebut dapat memilih sendiri mata kuliah yang mereka ingin ikuti, yang tersebar dalam 9 program studi, seperti Ekonomi, Manajemen, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Psikologi, Sastra Indonesia, Sejarah, Sastra Inggris, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Selain itu, para mahasiswa internasional juga dapat mengatur sendiri jadwal kuliah mereka dengan memilih kelas sesuai dengan hari dan jam yang mereka inginkan.

“Kegiatan kelas sit-in sangat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia saya,” ujar Ayaka Deguchi, salah satu mahasiswa Darmasiswa asal Jepang. “Saya juga mendapat banyak pengalaman dan teman baru.”

“Pengetahuan saya mengenai Indonesia bertambah. Dosen dan teman-teman sangat membantu saya belajar di sini,” tambah Guo Rui, salah satu mahasiswa pertukaran dari JISU, Tiongkok.

Ke depannya, kegiatan kelas sit-in ini diharapkan dapat terus berlangsung. Selain untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia, harapannya, pengalaman berkuliah bersama dengan mahasiswa di Indonesia ini dapat menjadi pengalaman berharga dan tidak terlupakan bagi para mahasiswa internasional. Selain untuk mahasiswa internasional, manfaat juga didapatkan oleh mahasiswa USD. Tidak hanya menambah pengalaman berkuliah bersama mahasiswa internasional, mereka juga dapat saling berbagi budaya satu sama lain dan mampu memperluas wawasan global.

(SPP & TMP)

  kembali