USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

PPIP USD Adakan Kegiatan Sebagai Perwujudan Eksplorasi Model Pembelajaran Tanggap Zaman

diupdate: 8 bulan yang lalu



Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran Universitas Sanata Dharma (PPIP USD) mengadakan Workshop Seri Lokakarya Flipped Classroom untuk Mengembangkan 3C pada hari Rabu dan Kamis, 15 dan 16 Januari 2020 di Ruang Kadarman, Gedung Pusat Kampus 2 USD. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang mendapatkan pendanaan dari United Board melalui skema Institutional Project Grant. Secara keseluruhan, ada 8 tema yang ditawarkan. Tiga tema pertama terkait dengan konsep, perencanaan, dan aktivitas dalam flipped classroom telah dilaksanakan melalui program Pengembangan Karir Dosen (PKD) untuk dosen baru di bulan November 2019.

Kegiatan tanggal 15-16 Januari 2020 tersebut diikuti oleh lebih kurang 40 dosen yang merupakan perwakilan dosen dari berbagai program studi di USD. Acara pada hari pertama (15/1) dibuka dengan sambutan Wakil Rektor 1, Bapak Rohandi, Ph.D. yang menyampaikan bahwa acara ini adalah salah satu perwujudan eksplorasi model pembelajaran tanggap zaman yang menjadi fokus Universitas.

Hari pertama workshop, materi terfokus pada kegiatan mendesain media baik untuk aktivitas di dalam kelas ataupun di luar kelas. Materi pertama mengenai bagaimana Mendesain Media untuk Aktivitas di Luar Kelas dipaparkan oleh Bapak Robertus Landung, E.P., M.Psi. Selanjutnya, materi mengenai bagaimana Mendesain Media untuk Aktivitas di Dalam Kelas dipaparkan oleh Ibu Vittalis Ayu, M.Cs. Dalam pemaparannya, kedua pembicara memperkenalkan berbagai media online yang dapat digunakan dosen untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar dalam penerapan flipped classroom.

Di hari kedua (16/1), workshop diawali dengan pemaparan dari Bapak Agung Santoso, Ph.D. yang menjelaskan mengenai Evaluasi Pembelajaran Dalam Flipped Classroom. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan terkait Flipped Classroom Dalam Paradigma Pedagogi Ignasian oleh Romo Patrisius Mutiara Andalas, S.J., S.S., S.T.D. yang menggaris bawahi bahwa pendidikan di USD tidak hanya berfokus pada peningkatan kompetensi akademis, namun juga sejatinya merawat suara hati dan juga kompetensi sosial mahasiswa. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan sharing peserta hibah tahun lalu, Ibu Christiyanti Aprinastuti, S.Si., M.Pd. dari Prodi PGSD, dan Ibu Elisabeth Dian Atmajati, S.Pd., M.Si. dari Prodi Pendidikan Fisika. Acara ditutup dengan penawaran hibah pengembangan flipped classroom. Informasi lebih lanjut terkait hibah dapat diunduh di https://www.usd.ac.id/pusat/ppip/hibah-pengembangan-model-flipped-learning/.

(MEH)

  kembali