USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

KKN USD 59: “Program Pemberdaya Masyarakat dalam Bidang Pendidikan, Sosial, Ekonomi, dan Budaya"

diupdate: 9 bulan yang lalu




Bertempat di Panggung Terbuka Kampus 2 Universitas Sanata Dharma (USD), Rektor USD, Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. pada hari Jumat (3/1) melepas 1.366 mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program Kuliah Kerja Nyata angkatan 59 ini mengusung tema “Perberdayaan Masyarakat dalam Bidang Pendidikan, Sosial, Ekonomi, dan Budaya.

Dalam memberikan sambutan, Rektor USD menyampaikan bahwa KKN dipilih sebagai bentuk profil lulusan USD yang dibentuk oleh Universitas, maka KKN merupakan program pengembangan yang menjadi  tanggungjawab Rektorat dan bukan menjadi tanggungjawab Program Studi. Kurikulum dan pelaksanaannya diurus oleh Rektorat lewat Pusat KKN. ”Profil yang ingin dibentuk adalah Competence, Conscience, Compassion (3C). KKN selama satu bulan sebagai sarana membangun dan mengembangkan kompetensi bela rasa dalam masyarakat.” paparnya. Rektor juga berpesan, dengan adanya program KKN ini selain bisa menumbuhkan bela rasa terhadap persoalan masyarakat desa tetapi juga untuk mengembangkan bela rasa terhadap teman-teman dalam satu kelompok dan satu rumah, kesempatan untuk mengembangkan kerjasama dalam lintas bidang, lintas ilmu, karena dalam satu kelompok KKN beranggotakan mahasiswa dari berbagai program studi.

Selanjutnya dalam laporan Kepala Pusat Kuliah Kerja Nyata (PKKN) USD Dr. Sebastianus Widanarto Prijowuntato, S,Pd., M.Si. mengatakan bahwa KKN angakatan 59 tersebar di beberapa kecamatan yaitu Gedangsari, Pathuk, Playen, Paliyan, Saptosari di Kabupaten Gunung Kidul dan Kecamatan Ngaglik di Komunitas Kali Boyong Selatan Kabupaten Sleman. Dosen Pendamping Lapangan (DPL) bertanggungjawab terhadap mahasiswa KKN satu kecamatan. DPL dibantu oleh 29 mahasiswa sebagai Asisten Pendamping Lapangan (APL). “Diharapkan mahasiswa lebih berinteraksi dengan masyarakat agar mewujudkan misi dan visi KKN sebagai salah satu sarana Universitas dalam membentuk mahasiswa menjadi manusia yang berkompeten, berbela rasa, dan berhati nurani kepada masyarakat yang tersingkirkan, lemah, difabel.” tuturnya.

Setelah sambutan Rektor dan laporan Kepala PKKN, acara penerjunan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis perutusan KKN dengan penyerahan bendera sebagai simbolisasi perutusan serta penyerahan bendera 3C dan kartu Peserta KKN oleh Rektor USD kepada dua orang wakil mahasiswa peserta KKN, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Hymne Sanata Dharma dan Bagimu Negeri. Selanjutnya Rektor melakukan simbolisasi penerjunan mahasiswa KKN dengan pelepasan burung dan ditutup dengan doa oleh salah satu peserta KKN.

(PIJL & GSEP)

  kembali