USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Future Pharmacist in Action 2019:
"Care of Healthy Environment"

diupdate: 4 tahun yang lalu




Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF) Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Minggu (10/11) mengadakan acara Future Pharmacist in Action (FACTION). FACTION merupakan kegiatan tahunan untuk mendukung World Pharmacist Day, pada tahun ini bertema “Care of Healthy Environment” dan diselenggarakan di Atrium Malioboro Mall Yogyakarta. Tema tersebut diangkat berdasarkan isu dari kampanye bersama untuk tujuan berkelanjutan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) atau disebut Sustainable DeveplomentGoals (SDG), di mana isu-isu ini ditinjau dari permasalahan yang dialami dan berdampak global.

Serangkaian acara FACTION tahun ini adalah Lomba Menggambar, Lomba Mewarnai, Talkshow, Apoteker Cilik, Donor Darah, dan Kegiatan Expo (pemeriksaan gratis dan pameran Student Club). Tujuan dari serangkaian acara ini untuk memperkenalkan peranan farmasis dalam dunia kesehatan kepada masyarakat umum dari berbagai usia. Lomba mewarnai ditujukan untuk anak TK dan SD kelas 1 sampai kelas 3, sedangkan lomba menggambar ditujukan untuk anak SD kelas 4 sampai kelas 6 dengan tema “Sehat Lingkunganku, Sehat Diriku”. Expo terdiri dari pemeriksaan gratis dan pameran student clubdari Fakultas Farmasi USD. Dalam pameran terdapat standtentang edukasi (berbentuk info grafis) yang merupakan bagian dari kampanyeyang bekerjasama dengan International Pharmaceutical Students' Federation (IPSF). Kegiatan lomba Apoteker Cilik (Apocil)ditujukan untuk anak TK dan SD  bertujuan untuk memperkenalkan profesi farmasi kepada anak-anak. Kegiatan donor darah ditujukkan untuk masyarakat umum dalam rangka kegiatan sosial di bidang kesehatan.

Rangkain acara FACTION yang terakhir adalah talk show. Kegiatan talkshow dibagi menjadi dua sesi, yaitu talkshowdengan pembicarainternalyang melibatkan pembicara dari Dosen Fakultas Farmasi USD yaitu Ibu Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt. atau yang biasa dipanggil Bu Nining dan talkshow dengan pembicara eksternalyang melibatkan pembicara dari luar Fakultas Farmasi USD yaitu seorang dokter sekaligus seorang youtuber beauty and health dr. Alexandra Clarin Hayes. Talkshow internal mengangkat tema tentang herbal dan lingkungan dengan membawakan materi tentang Potensi Nanokolagen Limbah Sisik Ikan Sebagai Cosmoceutical. Bu Nining telah mnerbitkan review jurnal tentang materi tersebut pada tahun 2015. Talkshow eskternal mengangkat tema tentang kosmetik dan kecantikan. Beberapa tips yang diberikan oleh dokter Clarin yakni “Cantik adalah rasa nyaman dan bangga dengan diri sendiri. Pakailah makeup seperlunya jangan sampai mengganggu kepercayaan diri. Mulailah untuk mengenali diri sendiri dan memilih skincare serta makeup yang sesuai dengan tipe kulit dan umur”.

(KTI & MAA)

  kembali