USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Program Studi Teknik Elektro USD Adakan Adu Kecepatan dalam Battle in Line

diupdate: 4 tahun yang lalu



Program Studi Teknik Elektro Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Sabtu (16/11) mengadakan kompetisi Battle in Line (BIL) di Lantai Dasar Gedung Utama Kampus 3 USD. BIL merupakan program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) USD. Tujuannya adalah untuk memperkenalan program studi Teknik Elektro USD pada siswa SMA sederajat.

Kompetisi yang dipertandingkan dalam BIL adalah adu kecepatan Robot Line Follower di tingkat SMA sederajat se-Jawa Tengah dan DIY. Robot Line Follower merupakan jenis robot yang dirancang untuk dapat bernavigasi dan bergerak secara otomatis mengikuti alur garis tertentu. Peserta diberi kesempatan untuk mengatur robot yang telah dipersiapkan secara mandiri, kemudian dipertandingkan dengan robot yang lain pada track line yang telah dibuat oleh panitia. Pertandingan ini menggunakan sistem liga sehingga masing-masing peserta bertemu satu sama lain untuk mempertandingkan robot yang tercepat.

Total peserta dalam kompetisi ini adalah 14 tim. Ada hal yang menarik dengan kegiatan BIL tahun ini di mana ada salah satu peserta yang masih merupakan siswa SMP, namun sangat berantusias dan berani mengikuti kompetisi ini sehingga dari pihak panitia pun memperbolehkan dengan konsekuensi siap bertanding melawan peserta pertandingan tingkat SMA sederajat.

Pertandingan yang telah disiapkan selama kurang lebih tiga bulan oleh panitia ini dimenangkan oleh Ichibot NRFN sebagai Juara I dan Juara II diraih oleh Ichibot Secret, tim dari SMKN 2 Yogyakarta, sedangkan Juara III diraih oleh Mayor X, tim dari SMKN 4 Semarang.

(FBA & PB)

  kembali