USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Malam Puncak Psychofest USD 2019: “Mental Health”

diupdate: 4 tahun yang lalu




Program Studi Psikologi Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019 mengadakan malam puncak Psychofest. Psychofest merupakan salah satu acara tahunan yang diadakan Fakultas Psikologi (USD). Tujuan diadakan acara ini adalah menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan minat dan bakat serta menjalin relasi dengan mahasiswa universitas lain. Di samping itu, acara ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Fakultas Psikologi ke-23.

Malam puncak Psychofest diawali dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang yang telah mengikuti rangkaian acara berupa lomba seperti videografi, melukis, dan fotografi yang diikuti oleh mahasiswa Psikologi USD maupun mahasiswa dari Universitas lain. Malam puncak tahun ini Program Studi Psikologi USD mengundang guest star Kunto aji dan Ardhito Pramono serta beberapa pengisi acara lainnya seperti Define Soul, Indiemaret, dsb. Tiket yang terjual sebanyak 1600 lebih tiket.

Psychofest mengangkat tema “Mental Health” atau kesehatan mental. Tema ini diambil karena kepedulian mahasiswa Psikologi USD terkait dengan gangguan mental yang banyak dialami oleh kaum muda yang disebabkan stres, dsb. Isu kesehatan mental yang terjadi adalah stigma buruk yang masih menyelimuti “Mental Health” di Indonesia. Sebagian besar daerah di Indonesia mempercayai penyebab gangguan kesehatan jiwa adalah karena kerasukan roh jahat, pendosa, melakukan perbuatan amoral dan kurang iman. Melalui malam puncak Psychofest mahasiswa Psikologi USD berharap mampu menghilangkan stigma buruk masyarakat terhadap orang yang memiliki gangguan kesehatan mental.

(BGP & EAN)

  kembali