USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Universitas Sanata Dharma Terima Kunjungan dari Universitas Kristen Krida Wacana

diupdate: 1 bulan yang lalu




Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Selasa (26/11) mendapat kunjungan dari Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), Jakarta. Kunjungan ini berlangsung di Ruang Rapat Rektorat Kampus II USD. Perwakilan dari Ukrida sejumlah delapan orang dan diterima dengan baik oleh Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor; Rohandi, Ph.D. selaku Wakil Rektor I; Monica Ella Harendita, M.Ed. selaku Kepala Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran (PPIP); Barli Bram, Ph.D. selaku Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM); Dr. Yoseph Yapi Taum, M.Hum. selaku Kepala Pusat Penerbitan dan Bookshop (PPB); dan Agustinus Sukrisna selaku Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA).

Tujuan dari kunjungan ini yakni agar pihak Ukrida dapat belajar terkait sistem terpadu, publikasi dan pelitian, serta penerbitan dari USD. Maka dari itu, kunjungan diawali dengan perkenalan tentang USD yang disampaikan oleh Rektor. Beliau menjelaskan ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di USD. Pada prinsipnya, USD ingin meningkatkan kuantitas penelitian di jurnal dengan reputasi yang baik. Selain itu, pihak USD ingin menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

Di USD penerapan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA) sudah berjalan dengan baik, sebagai contoh BAA sebagai pusat administrasi dan akademik dan sistemnya dibantu oleh Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI).

Selanjutnya, pertemuan ini juga membahas tentang inovasi yang sedang dikembangkan oleh PPIP USD. Bu Ella mengatakan bahwa PPIP USD sedang mengembangkan sumber belajar digital, Learning Management System (LMS), dan flipped learning. Apapun platform yang dikembangkan, fondasi yang dipakai tetap Pedagogi Ignasian. Cybernetics space juga kerap dirasakan, yaitu fasilitas fisik penting tetapi di sisi lain materi virtual juga menjadi hal penting. Flipped learning juga menjadi salah satu hal yang sedang digadang-gadang oleh PPIP untuk para dosen di USD dengan tujuan untuk melayani mahasiswa USD dalam mencapai kemandirian belajar.

Kemudian, kegiatan ini dilanjutkan dengan penjelasan dan inovasi yang dilakukan oleh LPPM USD. LPPM USD memiliki tujuan untuk memfasilitasi pendanaan penelitian. Setelah itu, dari PPB USD menjelaskan bahwa pusat ini bertanggungjawab untuk mencetak buku-buku, baik versi cetak maupun e-book, serta katalog, dan leaflet. Baru-baru ini PPB USD mencetak buku yang isinya terkait dengan pedoman penerbitan buku dan pencegahan plagiarisme. PPB USD juga memberikan saran kepada pihak Ukrida untuk bergabung dengan Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI).

Selanjutnya, BAA USD menjelaskan bahwa walaupun USD memiliki lima kampus, tetapi BAA USD tetap terpusat hanya di Kampus 2, Mrican. BAA USD mengurus perihal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), penerbitan ijazah dan transkrip nilai, wisuda, hingga izin penyelenggaraan program studi. Di akhir kunjungan, pihak USD menyampaikan harapannya agar juga dapat melakukan kunjungan ke Ukrida suatu saat.

(MHH & TNU)

  kembali