USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

FST USD Mengikuti ICOSETH 2019 di Universitas Sebelas Maret

diupdate: 2 minggu yang lalu



Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma (FST USD) telah mengikuti kegiatan International Conference on Science Education and Technology (ICOSETH) 2019 yang diselenggarakan oleh Doctorate Program of Science Education, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Konferensi yang diselenggarakan pertama kali oleh FKIP UNS ini mengusung tema “Facing Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0 on Science Education and Technology”. FST USD mengirimkan delegasi yang terdiri dari dua orang mahasiswa yaitu Stanislaus Dio Zevalukito dan Michael Seen yang keduanya berasal dari program studi Teknik Mesin. Kegiatan ICOSETH 2019 berlangsung tanggal 23 November 2019.

Pada kegiatan ICOSETH 2019, terdapat dua sesi utama dalam kegiatan ini. Sesi pertama merupakan seminar dan diskusi dengan dua pembicara utama, yaitu Prof. Chun-Yen Chang dari National Taiwan Normal University, Taiwan,Prof. Peter Sinclair dari School of Education, Murdoch University, Australia, Dr. Pornrat Wattanakasiwich dari Department of Physics and Material Science, Chiang Mai University, Thailand, dan Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. dari Science Education, Doctorate Program, Universitas Sebelas Maret, Indonesia. Keempat pembicara pada sesi pertama ini memberikan materi tentang pentingnya seorang pendidik dalam memberikan pendidikan sains dan teknologi dalam menghadapi Industrial Revolution 4.0 dan Society 5.0.

Sesi kedua merupakan sesi publikasi ilmiah bagi peserta yang mendaftar dalam konferensi ini. Karya tulis yang dipublikasikan dan dipresentasikan akan terindeks pada skala internasional dalam Scopus (Elsvier) dan skala nasional dalam Sinta (Science and Technology Index). Serta akan terbit dalam Journal of Physics: Conference Series oleh IOP Publishing. Stanislaus Dio Zevalukito mempublikasikan karya tulisnya dengan judul “Indonesia Traditional Windmill of Demak, Central Java for Water Pumping in Traditional Salt Production”. Penelitian ini membahas performa kincir angin petani garam asal Demak dalam memompa air dalam proses produksi garam tradisional. Penelitian ini juga berperan aktif dalam pengembangan teknologi khususnya bidang energi baru terbarukan. Michael Seen mempublikasikan karya tulisnya dengan judul “The Efficiency and Effectiveness of Fins Made from Two Different Materials in Unsteady-state”. Penelitian ini membahas efisiensi dan efektivitas sirip untuk pelepasan panas dari dua jenis material yang berbeda. Penelitian ini berperan aktif dalam pengembangan teknologi dalam bidang perpindahan panas dan aplikasi matematika.

Melakukan publikasi ilmiah tidak hanya dapat dilakukan oleh dosen, namun kedua mahasiswa ini membuktikan dapat berperan serta dalam dunia akademik dan pengembangan teknologi. ICOSETH 2019 diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada masing-masing peserta.

(SDZ & BGP)

  kembali