USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Malam Puncak Dies Natalis PBIO USD:
One Sweet Spring Day in Biological Clan

diupdate: 5 tahun yang lalu



Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sanata Dharma (PBIO USD) menyelenggarakan pentas Malam Puncak Dies Natalis ke-11 pada Minggu (10/11). Acara yang diselenggarakan di Auditorium Driyarkara USD ini merupakan acara penutup dari rangkaian Dies Natalis PBIO ke-11 yang telah berlangsung sejak bulan Agustus 2019. Rangkaian dies natalis tahun ini diawali dengan Misa Pembukaan (24/09), kemudian dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan akademik dan non akademik, yaitu Seminar Badan Restorasi Gambut (21/09), Biologi Berkreasi (5/10), Biology Cup antaruniversitas se-DIY (12/10), dan Lomba Karya Ilmiah Remaja tingkat SMA se-DIY (26/10).

Acara Malam Puncak tersebut dihadiri oleh Paulus Kuswandono, Ph.D. selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Antonius Tri Priantoro, M.For.Sc. selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) PBIO USD, Retno Herrani Setyati Catarina, M.Biotech selaku Wakaprodi PBIO USD, segenap dosen dan karyawan PBIO USD, serta penonton eksternal.

Acara diawali dengan beberapa sambutan dari Wakil Dekan 1 FKIP, Kaprodi PBIO USD, Ketua Panitia Dies Natalis, dan Koordinator Malam Puncak Dies Natalis. Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang beberapa lomba yang telah dilaksanakan sebelum Malam Puncak Dies Natalis ke-11.

Berbeda dengan malam puncak di tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini panitia menampilkan video wawancara kilas balik sejarah bagaimana dinamika prodi PBIO didirikan bersama beberapa dosen dan sosok yang ambil bagian dalam proses berdirinya prodi PBIO USD, antara lain Kaprodi PBIO USD, Ignatius Yulius Kristio Budiasmoro, M.Si. selaku dosen Pendidikan Biologi dan Romo Petrus Sunu Hardiyanta, SJ. Program studi Pendidikan Biologi USD didirikan pada pertengahan tahun akademik 2008 dengan jumlah mahasiswa hanya 16 orang hingga saat ini di usia ke-11 program studi Pendidikan Biologi berhasil meningkatkan jumlah mahasiswa dengan prestasi yang tidak diragukan lagi, bahkan sejak akreditasi pertama telah mengukir predikat A dan kembali meraih predikat yang sama dalam program re-akreditasi pada tahun 2018.

PBIO dirancang untuk selalu A, yaitu man and women for and with other. Saya ingin PBIO meneruskan tradisi menginisiasi diri sendiri yang kreatif dan memerdekakan dan terus menjadi biolog tangguh pencerdas bangsa.demikian yang disampaikan oleh Romo Petrus Sunu Hardiyantara, SJ dalam video tersebut.

Acara bertema One Sweet Spring Day in Biological Clan ini dimeriahkan dengan penampilan dari setiap angkatan mulai dari angkatan 2016 hingga 2019 dengan berbagai kategori seni, tarian daerah Kalimantan, penampilan beryanyi solo, paduan suara, drama musical dan flashmob. Beberapa pengisi acara eksternal juga turut memeriahkan malam puncak Dies Natalis ke-11 ini antara lain dari COIN, Rassle Dazzle, Namlima Akustik, Kondangjaya, dan diakhiri dengan penampilan RFRNDS.

(FBA & DM)

  kembali