USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Engine Tune Up 2019: “Retro era 70’an”

diupdate: 2 minggu yang lalu



Program Studi Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma (FST USD) pada hari Sabtu (2/11) mengadakan acara yang dipelopori Mahasiswa Teknik Mesin USD sehingga menjadi acara tahunan. Acara tahunan Program Studi Teknik Mesin ini dikenal dengan Engine Tune Up (ETU), di mana dalam rangkaian acaranya terdiri dari servis motor gratis, kemudian beranjak ke kontes modifikasi motor, dan juga Cars Meet Up. Di tahun  2019 ini ETU kembali diselenggarakan bertempat di outdoor yaitu area Jogja Expo Center (JEC), dengan mengangkat tema “Retro Era 70’an” yang bertujuan  memperlihatkan bahwa  ETU di tahun ini dapat memberikan contoh bagi masyarakat dalam memodifikasi motor.

Rangkaian acara lain dalam ETU 2019 adalah photography competion, lettering competetion dance competetion, dan rolling tender.Konsep ETU 2019 ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat pada dasarnya acara ETU disesuaikan dengan perkembangan zaman. Perbedaan dirasakan dari acara ETU pada tahun sebelumnya, di mana pada tahun ini servis motor benar-benar dilakukan secara besar-besaran.

Menurut Rian selaku ketua panitia dalam acara ETU 2019, kontes modifikasi motor ada sekitar 50-70% sudah mengurangi motor yang sudah tidak layak pakai, kemudian dilanjutkan dengan kontes motor-motor yang memang dengan standar yang baik untuk digunakan di kalangan masyarakat. Dalam acara ETU tahun 2019 ini, mengundang beberapa quest star yaitu Bravesboy, Didi Kempot, dan Hasoe Angel. Akan tetapi hiburan dan juga guest star bukanlah hal pokok di dalam ETU. Kunci utama sukses terselenggaranya ETU adalah bagaimana proses pengelolaan selama acara ETU dapat berlangsung dengan baik. Harapannya ETU di tahun ini dapat menjadi pembuka langkah awal yang baik untuk tahun depannya.

(DM & CWF)

  kembali