USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Science Competition 2019: Evolution of Infinity Health

diupdate: 5 tahun yang lalu



Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (BEMF Farmasi USD) pada hari Minggu (22/9) menyelenggarakan Science Competition 2019 (SICON 2019). Acara yang bertempat di Gedung Utama Kampus 3 USD ini merupakan kompetisi lomba ilmu pengetahuan di tingkat SMA dan Universitas. Acara kompetisi yang mengangkat tema ‘Evolution of Infinity Health’ ini bermaksud untuk menyalurkan semangat menjadi agen untuk mengevolusi dan semangat inovasi tanpa batas dalam dunia kesehatan kepada para peserta dan panitia.  Kompetisi ini membuka Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Cerdas Cermat (LCC) kimia untuk siswa-siswi SMA, sedangkan di tingkat universitas diadakan lomba Herbal Cosmetic Competition (HCC). Selain itu, diadakan lomba poster ilmiah untuk siswa SMA dan mahasiswa.

Kompetisi ini diikuti oleh siswa dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Ada kurang lebih 16 tim yang mengikuti lomba karya tulis ilmiah yang diikuti oleh siswa-siswi SMA di seluruh Indonesia, 22 peserta lomba cerdas cermat yang akan diseleksi ke tahap penyisihan, dan 5 peserta lomba HCC yang mempresentasikan mengenai penelitiannya.

“Kami berharap dengan adanya acara ini dapat menjangkau bibit-bibit potensial yang kelak menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas, serta mensosialisasikan dan mempromosikan USD dan Fakultas Farmasi USD agar lebih banyak diketahui oleh siswa-siswa SMA yang akan melanjutkan studi di perguruan tinggi.” ujar Lenny Evangeline Natius selaku ketua panitia dan mahasiswa Farmasi USD. “Para pemenang dari kompetisi ini diberikan reward berupa sejumlah uang, sertifikat, dan piala sebagai imbalan dari kerja keras dan keberhasilan mereka.” lanjutnya.

Acara ini dibuka pukul 08.00 WIB dengan tarian tradiosional Bali dan Paduan Suara Fakultas Farmasi USD, dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia SICON 2019, ketua BEM Fakultas Farmasi, dan Dekan Fakultas Farmasi. Kemudian pengumuman para pemenang dalam beberapa lomba. Lomba LCC: Tim dari SMA Penabur Cirebon sebagai Juara 1, Tim dari SMA Kolose Loyola sebagai Juara 2, Tim dari SMA Taruna Nusantara sebagai Juara 3,  Tim dari SMA 3 Yogyakarta sebagai Juara Harapan 1, dan  Tim dari SMA Kolose Loyola sebagai Juara Harapan 2. Lomba HCC: Tim dari Universitas Sumatera Utara sebagai Juara 1, Tim dari Universitas Sanata Dharma sebagai Juara 2 dan Juara 3, serta  Tim dari Universitas Diponegoro sebagai  Juara Harapan 1 dan Juara Harapan 2. Lomba Poster Ilmiah Tingkat SMA: Tim dari SMA Strada St Thomas Aquino berhasil memenangkan semua juara yaitu sebagai Juara Favorit, Juara 1, Juara 2, dan Juara 3. Sedangkan untuk Lomba Poster Ilmiah Tingkat Universitas: Tim dari Universitas Sanata Dharma berhasil meraih Juara 1 dan Juara Favorit, Tim dari Institut Teknologi Bandung sebagai Juara 2, Tim dari Stikes Cendikia Utama Kudus sebagai Juara 3. Untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah: Tim dari SMA Tarsius 1 Jakarta sebagai Juara 1, Tim dari SMAN 2 Tasikmalaya sebagai Juara 2, Tim dari SMAN 2 Tasikmalaya sebagai Juara 3, Tim dari SMAN 2 Samarinda sebagi Juara Harapan 1, dan Tim dari SMA Marsudirini Muntilan sebagai Juara Harapan 2.

(DBS & DM)

  kembali