USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Mahasiswa S-1 dari 23 Universitas se-Indonesia Ikuti Lomba Kalkulus di USD

diupdate: 5 tahun yang lalu



Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi bersama Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Sabtu (21/9) menggelar lomba matematika tingkat mahasiswa S-1, khususnya dalam bidang Kalkulus. Lomba yang diberi nama “Sanata Dharma Calculus League (Sadharcall)” ini baru pertama kali diadakan oleh USD dan diharapkan akan terus digelar setiap tahun. Lomba ini diadakan di Gedung Utama, Kampus 3 USD dan diikuti oleh peserta dari 23 universitas se-Indonesia. Jumlah peserta yang terdaftar ada 172 orang yang terbagi dalam 86 tim lomba, tidak hanya berasal dari program studi (prodi) Matematika, tetapi juga dari prodi lain seperti Ilmu Komputer, Teknik Elektro, dan Geofisika.

Febi Sanjaya, M.Sc. ketua penyelenggara lomba kalkulus menuturkan bahwa lomba ini merupakan edukasi bagi mahasiswa USD agar semakin meningkatkan minat belajar yang kompetitif khususnya dalam bidang kalkulus. Selain itu, lomba kalkulus yang ada di tingkat mahasiswa S-1 masih sedikit. “Para mahasiswa diharapkan semangat dan ikut berjuang dalam lomba ini.” tutur beliau.

Rangkaian lomba ini dibagi menjadi 3 babak yakni babak penyisihan dari semua tim, semifinal diambil 10 tim, dan final ada 5 tim. Juri untuk babak penyisihan dan semifinal diambil dari dosen-dosen prodi Matematika USD, sedangkan untuk babak final juri terdiri dari tiga orang yaitu Bapak Atok Zulijanto dari prodi Matematika UGM, Bapak Herry Pribawanto Suryawan dari prodi Matematika USD, dan Bapak Febi Sanjaya dari prodi Pendidikan Matematika USD. Di antara babak perlombaan terdapat juga kuliah umum bagi semua peserta yang diisi oleh Bapak Hartono (dosen prodi Matematika USD) dengan tema “Kalkulus Variasi”.


Pemenang lomba Sadharcall tersebut diraih oleh Era Satya Cahyati dan Adryan Wiradinata dari Universitas Gadjah Mada sebagai Juara I, Muhammad Ihsan dan Waffiq Maaroja dari Universitas Gadjah Mada sebagai Juara II, Naelufa Syifna Wifaqotul Muna dan Muhammad Fadlan dari Universitas Gadjah Mada sebagai Juara III, Topas Sagara dan Paul Taniwan dari Universitas Katolik Parahyangan sebagai Juara Harapan I, serta Mamesah Ivan Christian dan Toto Budi Trapsilo dari Universitas Gadjah Mada sebagai Juara Harapan II.

(DM & PB)

  kembali