USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Sosok Novita Bulan, Ketua DPRD Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur

diupdate: 5 tahun yang lalu




Novita Bulan, S.E., M.B.A. adalah salah satu alumni Universitas Sanata Dharma (USD) yang kembali ke daerah asalnya untuk mengabdikan dirinya di Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur. Ditemui pada acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara USD dan Kabupaten Mahakam Ulu (5/8), Novita Bulan yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kabupaten Mahakam Ulu menceritakan pengalamannya semasa menimba ilmu di USD. Novita Bulan yang sering disapa Novita ini adalah alumni Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, angkatan 1998. Sambil tersenyum bahagia, Novita merasa amat senang menjadi bagian dari Keluarga Besar USD. Novita juga menceritakan bahwa komunikasi antar alumni sangat dekat dan terjalin aktif di berbagai media sosial. Ia menambahkan, bahwa para alumni juga saling membantu satu sama lain.

Menimba ilmu pada tahun 1998, Novita merasa bahwa kota Yogyakarta masih kental dengan julukan “Kota Pelajar” kala itu. Hal ini ia rasakan sebagai mahasiswi dari luar Pulau Jawa yang sangat terpacu untuk terus belajar di Kota Pelajar ini. Selama masa studi di USD, Novita aktif dalam berbagai kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus. Meskipun USD memiliki jadwal kuliah yang padat, Novita berhasil menyeimbangkan berbagai kegiatan dan kewajibannya sebagai seorang mahasiswi.

Sebagai alumni USD, Novita merasa mudah dalam mencari pekerjaan. “Hal ini terbukti bahwa USD memiliki citra yang baik di kalangan perusahaan.” katanya. Sebagai contoh, ketika melakukan interview pekerjaan, tidak banyak pertanyaan yang dilontarkan ke Novita sebagai seorang alumni USD. Ia berpesan, “Hal yang paling penting adalah seorang mahasiswa harus mampu menyeimbangkan antara kegiatan non akademis dan kewajibannya kuliah supaya tidak tertinggal, serta memiliki kemampuan sosial yang baik”.


Dengan adanya penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara USD dan Kabupaten Mahakam Ulu, Novita sebagai Ketua DPRD Kabupaten Mahakam Ulu mengapresiasi kesediaan USD dalam mendukung kemajuan Kabupaten Mahakam Ulu, khususnya dalam bidang pendidikan. Harapannya, kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak. Selain rasa terima kasih kepada USD, sebagai alumni USD, Novita berharap USD semakin maju dan berkembang. “Mendengar data yang disampaikan USD saat penandatanganan Perjanjian Kerjasama tadi, saya takjub dengan jumlah mahasiswa yang diterima dari jumlah calon mahasiswa yang mendaftar. Kalau dahulu, jumlah pendaftar dan jumlah yang diterima berimbang. Data menunjukkan bahwa peminat pendaftar semakin tinggi”. tutur Novita.

(SKW & IRE)

  kembali