USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Lentera Harmoni Matematika dalam Literasi Membangun Negeri

diupdate: 5 tahun yang lalu



Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma pada hari pada Sabtu, 31 Agustus 2019 mengadakan kegiatan lomba literasi matematika dengan tema “Lentera Harmoni Matematika dalam Literasi Membangun Negeri”. Lomba literasi matematika yang diikuti oleh 45 peserta dari siswa SMP se-DIY-Jawa Tengah ini dilaksanakan di Kampus 3 USD.

Dominikus Arif Budi Prasetyo, M.Si. dalam sambutannya mewakili panitia menyampaikan bahwa di kehidupan yang terus berkembang dengan pesat ini, generasi muda sebagai penerus bangsa harus mampu memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pendidikan di Indonesia sekarang mulai mendukung tuntutan zaman dengan berbagai pembelajaran literasi. Literasi adalah kemampuan menerima, memahami, serta menganalisis informasi dalam berbagai bentuk dengan pengetahuan yang sudah diketahui sebelumnya, seperti matematika. Dengan adanya budaya literasi matematika, generasi muda yang masih terus belajar, diharapkan mampu menangani berbagai masalah yang kompleks dan dapat menunjukkan kesadaran serta pemahaman yang berkaitan dengan matematika di dunia yang sudah masuk era Revolusi Industri 4.0.


Dari pelaksanaan kegiatan, pada babak penyisihan diambil 5 peserta terbaik yang masuk babak final. Hasil dari babak final, Juara 1 diraih oleh Dzaky Aulia Fadhil dari SMP Muhammadiyah PK Surakarta. Steven Darren Wijaya dan Fransiska Aurelia Giovanny Susanto dari SMP Pangudi Luhur Domenico Savio sebagai Juara 2 dan 3. Selamat untuk para juara, peserta lomba, dan Bapak Ibu Guru yang telah berperan berliterasi dalam Matematika untuk membangun negeri.

(mds)

  kembali