USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kuliah Singkat dan Umum dari Universitas Koblenz-Landau Jerman

diupdate: 5 tahun yang lalu



Fakultas Sains dan Teknologi (FST) & Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sanata Dharma (USD) pada Kamis (29/8) sampai dengan Senin (2/9) menerima kunjungan Prof. Dr. Thomas Götz dari Institut Matematika, Universitas Koblenz-Landau, Jerman. Kunjungan tersebut adalah bagian dari program kerja sama dalam hal “Kolaborasi Sains dan Teknologi” yang telah disepakati oleh pihak USD dan juga pihak Universitas Koblenz-Landau, Jerman pada tahun 2014.

Bentuk kerja sama yang telah disepakati oleh kedua belak pihak salah satunya adalah pertukaran mahasiswa dan dosen untuk perkuliahan, studi lanjut, dan penelitian. Prof. Dr. Thomas Götz datang ke USD sebagai perwakilan dari Institut Matematika Universitas Koblenz-Landau, Jerman untuk memberi kuliah singkat dan umum bidang Matematika di jurusan Matematika dan Pendidikan Matematika USD.

Prof. Dr. Thomas Götz memberikan kuliah singkat dengan tema “Kontrol Optimal dan Aplikasinya dalam bidang Biologi” selama 5 hari. Kuliah singkat ini dihadiri oleh 25 peserta yang terdiri dari dosen FST USD dan mahasiswa S2 Pendidikan Matematika USD. Setelah itu, beliau juga memberikan kuliah umum dengan tema “Peran Matematika dalam Kehidupan” pada hari Jumat (30/8). Kuliah umum ini dihadiri oleh 130 mahasiswa Program Studi Matematika USD.

Senin (2/9), Prof. Dr. Thomas Götz dan Wakil Rektor IV bidang kerja sama USD, Bapak F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D., bertemu untuk membicarakan kemungkinan bentuk kerja sama yang bisa dilakukan untuk keberlanjutan kerja sama yang telah terjalin selama 5 tahun. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Dekan FST USD, Bapak Sudi Mungkasi, Ph.D.; Ketua LPPM USD, Bapak Dr. rer. nat. Herry Pribawanto Suryawan; dan Ketua Program Studi Matematika USD, Bapak Hartono, Ph.D. Dari pertemuan yang ini, beberapa kemungkinan kerja sama yang akan dilakukan adalah penyelenggaraan compact course dalam bidang Matematika di tingkat Asia Tenggara, penyelenggaraan kegiatan riset bersama, dan penyelenggaraan pertukaran dosen dan mahasiswa. Beberapa kerja sama yang akan dilakukan kedua belah pihak akan dikonsultasikan dengan pihak Universitas Koblenz-Landau, Jerman terlebih dulu sebelum dituangkan menjadi Memorandum of Understanding.

(EE)

  kembali