USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Promosi Hibah Penelitian The Sumitomo Foundation

diupdate: 4 hari yang lalu



Universitas Sanata Dharma (USD) bekerjasama dengan Asosiasi Studi Jepang di Indonesia (ASJI) pada hari Senin (2/9) menyelenggarakan Sosialisasi Hibah Penelitian dari The Sumitomo Foundation yang berkedudukan di Jepang. The Sumitomo Foundation datang ke USD untuk yang kedua kalinya ini dengan maksud mempromosikan hibah penelitiannya yang berjudul Grant for Japan-Related Research Project kepada para peneliti di seluruh Indonesia. Acara sosialisasi hibah penelitian ini dihadiri oleh dosen, staf peneliti, dan mahasiswa pascasarjana dari USD dan Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY).

Sambutan dari Sekretaris Umum ASJI, Dr. Shobichatul Aminah, M.Si., membuka acara sosialisasi hibah penelitian tersebut. Ibu Shobichatul memperkenalkan ASJI dan memberikan sedikit pemaparan tentang asosiasi tersebut di depan para peserta sosialisasi. Acara dilanjutkan dengan sambutan hangat dari Bapak F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D., selaku Wakil Rektor IV USD. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar para dosen, staf peneliti dan atau mahasiswa yang ikut serta dalam sosialisasi diharapkan untuk antusias mendaftar program hibah penelitian yang diberikan oleh The Sumitomo Foundation tersebut.

Project Officer dari The Sumitomo Foundation, Bapak Kenichi Hamaya mengawali penjelasan tentang hibah penelitian dari organisasi tersebut dengan memperkenalkan diri beliau kepada peserta sosialisasi hibah penelitian yang hadir. Bapak Kenichi kemudian melanjutkan penjelasan tentang hibah penelitian yang ada dalam daftar The Sumitomo Foundation. Hibah penelitian yang berjudul Grant for Japan-Related Research Project ini akan memberikan hibah dengan total ¥ 50.000.000 untuk 80 orang peneliti dari seluruh dunia. Bapak Kenichi juga menyampaikan bahwa tidak ada tema tertentu untuk penelitian yang akan terpilih nantinya. Hanya saja, penelitian tersebut harus memiliki relasi dengan negara Jepang sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan hibah penelitian tersebut.

Tidak hanya Bapak Kenichi yang menjelaskan tentang hibah penelitian tersebut, para penerima hibah penelitian tersebut pada tahun sebelumnya pun ikut hadir dalam acara sosialisasi. Dua penerima hibah penelitian dari The Sumitomo Foundation tersebut adalah Bapak Dr. Yerry Wirawan dari Fakultas Sastra USD dan Ibu Desideria Cempaka Wijaya Murti, M.A. dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UAJY. Para penerima hibah penelitian tersebut membagikan pengalamannya dalam menulis proposal penelitian dan kiat-kiat agar proposal penelitian yang ditulis para peserta sosialisasi nantinya bisa terpilih dan menerima hibah penelitian dari The Sumitomo Foundation.

(EE)

  kembali