USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kuliah Umum “Pembelajaran Berbasis Outcome” oleh Program Studi Sarjana dan Magister PBSI USD

diupdate: 5 hari yang lalu



Program Studi Sarjana (S1) dan Program Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma (PBSI USD) pada Jumat (30/8) mengadakan kuliah umum dengan tema “Pembelajaran Berbasis Outcome”. Kuliah umum yang diselenggarakan di Ruang Koendjono Kampus 2 USD ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa PBSI USD.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa tentang kurikulum berbasis outcome di mana proses belajar tidak berhenti pada nilai A, B, C, dan seterusnya namun lebih mengedepankan pada output hasil belajar.” kata Bapak Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum. selaku Ketua Program Studi S2 PBSI yang didampingi oleh Ibu Rishe Purnama Dewi, S.Pd., M.Hum. selaku Ketua Program Studi S1 PBSI.


Dr. Isah Cahyani, M.Pd., Kepala Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI sebagai pembicara pada kuliah umum mengulas tentang “Penyusunan Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)”. KKNI merupakan kerangka yang menjenjangkan kualifikasi dan kompetensi yang digunakan untuk mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan pelatihan kerja serta pengalaman guna pengakuan kompetensi yang sesuai. Selain itu KKNI juga menjadi perwujudan mutu sumber daya manusia terkait dengan system pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki Indonesia. KKNI memiliki 9 kualifikasi bertingkat, di mana Kualifikasi-9 merupakan kualifikasi tertinggi yang telah disepakati secara nasional. Dengan penjelasan yang sangat mendetail mengenai pencapaian, deskripsi kualifikasi, unsur-unsur deskriptor KKNI, perumusannya, capaiannya diharapkan mahasiswa memiliki wawasan yang luas dan bekal yang baik tentang kurikulum berbasis outcome sehingga kelak jika menjadi guru ataupun dosen mampu menerapkannya untuk peserta didik.

(GM)

  kembali