USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Universitas Sanata Dharma Terima Kunjungan dari Jesuit Worldwide Learning

diupdate: 2 minggu yang lalu




Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Kamis (29/8) menerima kunjungan dari  Jesuit Worldwide Learning (JWL) yang diwakili oleh Fr Peter Balleis, S.J. selaku Executive President JWL di Switzerland.  Pertemuan kunjungan kerjasama yang berlangsung di Ruang Rapat Rektorat Kampus 2 USD ini disambut oleh Rektor USD Johanes Eka Priyatma, Ph.D. beserta segenap jajarannya.

Tawaran kerjasama yang diberikan oleh pihak JWL untuk USD adalah learning center yang sudah diterapkan di beberapa negara dan memperkenalkan model pembelajaran modern dengan menggunakan komputer dan internet dalam mengakses semua proses pembelajaran dalam kelas yang berbasis online. Pihak JWL menyampaikan bahwa program yang ditawarkan JWL ini mampu berdiri secara lokal dan global bahkan mobile learning sudah sesuai dengan mahasiswa di Asia karena proses pembelajaran menggunakan smartphone dan tentu semua mahasiswa memilikinya. Dosen memiliki peran penting dalam memberikan pengajaran dan pendampingan terhadap kurikulum baru yang akan diberikan dalam proses pembelajaran.

Sementara itu dari pihak USD  menyampaikan bahwa saat ini USD telah memiliki proses pembelajaran online yang diberi nama Flipped Learning. Penggagas Flipped Learning adalah Monica Ella Harendita, M.Ed. selaku Kepala Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran (PPIP) USD bersama beberapa dosen. Jika akan berkolaborasi dengan JWL, Flipped Learning dapat melakukan penyesuaian-penyesuaian melalui koordinasi bersama program studi yang ada di USD. Jika kurikulum ini ditawarkan kepada para dosen, tentu akan mendapatkan sambutan baik. Adanya kurikulum baru dengan sistem pembelajaran berbasis online ini, harapannya juga dapat memperluas jaringan kerjasama USD bersama beberapa universitas lain.

(JTM & PIJL)

  kembali