USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Inisiasi bagi Mahasiswa Baru S2 IRB dan S3 KSM USD

diupdate: 2 minggu yang lalu



Program Magister Ilmu Religi dan Budaya (S2 IRB) dan Program Doktor Kajian Budaya-Seni dan Masyarakat (S3 KSM) Universitas  Sanata  Dharma  (USD) menyelenggarakan kegiatan Inisiasi bagi mahasiswa baru. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus 2019 ini merupakan acara untuk menyambut 13 (tiga belas) mahasiswa baru S2 IRB dan 4 (empat) mahasiswa baru S3 KSM.

Kegiatan ini diawali dengan Pendidikan Pengguna Tingkat Dasar di Perpustakaan Pusat USD, dilanjutkan pengenalan Program Sistem Informasi Akademik Mahasiswa. Acara selanjutnya adalah perkenalan keluarga besar S2 IRB dan S3 KSM, di Ruang Palma, Kampus 2 USD. Acara perkenalan tersebut berlangsung riuh dengan suara tawa dari para peserta yang duduk melingkar. “S2 IRB dan S3 KSM tidak hanya menyiapkan intelektual akademik, tetapi mereka juga dapat terlibat aktif di dalam masyarakat.” demikian penggalan sambutan Romo Dr. G. Budi Subanar, S.J. selaku Direktur Pascasarjana USD. “Nama saya Romo Baskara. Saya mengajar mata kuliah Historiografi Pascakolonial dan Wacana Rekonsiliasi, juga mata kuliah lain yang diminta Romo Banar untuk saya ampu.” demikian Romo Baskara memperkenalkan diri. “Saya Katrin. Biasanya saya mengajar Kajian Pascakolonial dan Kajian Gender, juga mata kuliah pilihan lain yang kadang ada atau tidak ada, sesuai yang dibutuhkan dan diminta Romo Banar.” canda Katrin Bandel, salah seorang dosen IRB yang lain.

Mewakili para mahasiswa aktif IRB, Probo, Emil, dan Adma juga diminta berbagi cerita mengenai proses yang sudah mereka jalani selama kurang lebih satu-dua tahun belakangan, juga suka-duka mengerjakan tesis. “Saya sering tidak tidur karena tugas-tugas paper dan jumlah bacaan yang banyak.” ucap canda dari Adma.

Program studi IRB merupakan program studi multidisiplin, yang para mahasiswanya berasal dari beragam latar belakang akademik dan profesi. Oleh karena itu, setelah lulus mereka diharapkan melanjutkan karya dan profesi mereka di masyarakat, baik menjadi dosen/tenaga pengajar, penerjemah, aktor, dan seterusnya. Empat alumni yang dipilih untuk mewakili para alumni adalah Titus, Pita, Arga, dan Rendra. “Hal yang saya pelajari selama saya berkuliah di IRB adalah saya diajak untuk menerima bahwa ada hal-hal yang tidak bisa disederhanakan. Kalau memang rumit, ya memang rumit.” ujar Puspita Sari Munthe, salah satu alumni.

Rangkaian acara ini perkenalan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 ini kemudian ditutup dengan penjabaran kurikulum oleh Dr. Y. Tri Subagya selaku Ketua Prodi S2 IRB dan Dr. St. Sunardi selaku Ketua Prodi S3 KSM.

(GMP)

  kembali