USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Mengikuti The 27th ASEACCU Conference 2019 di Sogang University, Seoul-Korea Selatan

diupdate: 3 minggu yang lalu


Universitas Sanata Dharma (USD) telah mengikuti kegiatan The 27th The Association of Southeast and East Asian Catholic College and Universities (ASEACCU) Conference 2019 yang diselenggarakan di Sogang University, Seoul-Korea Selatan. Konferensi tahunan ini mengambil thema “Reconciliation and Situation in the East Asian Region”. USD mengirimkan delegasi yang terdiri dari unsur Dosen yang diwakili oleh Rohandi, Ph.D. selaku Wakil Rektor 1, dan 3 orang mahasiswa; 2 orang mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (Soebijantoro Vanessy Kezia dan Haninda Hastya Marcellina) dan satu mahasiswa prodi Psikologi (Yorman Setiawan Dicky). Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 19-23 Agustus 2019. Ada 3 kegiatan dalam konferensi tahunan ke 27 ini, Internationalization Program, Faculty and Staff Conference, dan Student Conference.

Internationalization Program merupakan agenda konferensi yang baru pertama kali disertakan dalam kegiatan tahunan kali ini. Kegiatan Internationalization Program dibuka oleh   Rev. Fr. Herminio V. Dagohoy, O.P, selaku Executive Secretary of ASEACCU yang menyampaikan pentingnya upaya ASEACCU dalam memfasilitasi meningkatnya program internasional bagi perguruan tinggi anggota ASEACCU.

Dalam sesi kegiatan Internationalization Program dibahas materi tentang Catholic Universities: Identity and Internationalization-Reflections and Analysis, sharing pengalaman program internasional dari wakil anggota ASEACCU yang dilanjutkan dengan diskusi dan Institutional Networking Session. Dalam kegiatan ini para delegasi memanfaatkan kesempatan untuk menjalin kerjasama antar institusi dalam berbagai bidang. Salah satu kesempatan yang terbuka bagi USD adalah kerjasama dengan University of Saint Joseph (USJ) Macau, China dalam mengawali pembukaan prodi Sastra Mandarin. USJ membuka kesempatan yang luas untuk pertukaran dosen dan mahasiswa, pengembangan kurikulum prodi Sastra Mandarin, dan transfer kredit bagi mahasiswanya kelak.

Kegiatan Faculty and Staff Conference diisi dengan presentasi materi sesuai dengan tema konferensi dan Bussines Meeting. Sementara kegiatan Student Conference diisi dengan Kuliah Umum, diskusi-refleksi sesuai tema konferensi, presentasi dari setiap delegasi, dan diakhiri dengan Pentas dari setiap delegasi. Para peserta juga diajak untuk mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di kota Seoul-Korea Selatan.

(RHD)

  kembali