USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Dipercaya Pimpin AJCU-AP untuk 3 Tahun Lagi

diupdate: 3 minggu yang lalu



Bertempat di Universitas Sogang Korea, pertemuan asosiasi universitas Yesuit se Asia Pasifik (Association of Jesuit Colleges and Universities-Asia Pacific/ASCU-AP) baru saja berlangsung pada tanggal 23-24 Agustus 2019. Tiga dosen Universitas Sanata Dharma (USD) hadir dalam pertemuan tersebut, yaitu Rektor (Johanes Eka Priyatma, PhD) bersama Wakil Rektor IV (Ouda Teda Ena, EdD), serta Dr. Benedictus Yuliawan, SJ. Rektor USD sebagai Ketua AJCU-AP memimpin pertemuan ini dibantu oleh Sekretaris AJCU-AP yakni Bapak Ouda, dan Romo B. Yuliawan, SJ ikut hadir karena menjadi Koordinator salah satu kegiatan AJCU-AP yakni Sustainability Project.

Pertemuan dihadiri oleh 30 peserta yang berasal dari 21 anggota asosiasi. Mulai tahun ini salah satu anggota mundur dari keanggotaan karena tidak lagi menerima mahasiswa dan hanya menerima anak-anak SMU yakni Cullion College dari Filipina. Utusan dari Ateneo de Zamboanga Filipina juga batal hadir karena mendadak sakit. Setiap anggota asosiasi biasa mengutus 1 atau 2 perwakilan. Pertemuan kali ini menjadi istimewa karena Presiden Jesuit Conference of Asia Pacific (JCAP) yakni Fr. Tony Moreno, SJ juga hadir dan berminat untuk terus hadir pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini karena secara organisatoris, AJCU-AP berada di bawah koordinasi JCAP.

Acara yang berlangsung di salah satu gedung Kampus Sogang yang bersih, rapi, dan modern menjadi salah satu kesempatan yang produktif dan nyaman bagi seluruh peserta. Apalagi semua peserta dapat tinggal di asrama Gonzaga yang berada di dalam kompleks kampus yang nyaman dengan berbagai fasilitas yang lengkap.

Ada 6 agenda yang dibahas di dalam pertemuan tersebut yakni laporan kegiatan setahun lalu, Preferensi Perutusan Universal (Universal Apostolic Preferences/UAP) Serikat Yesus, Proposal Proyek Sustainability, Piagam Konsorsium Pendidikan AJCU-AP, pemilihan Ketua AJCU-AP untuk 3 tahun mendatang, serta perencanaan kegiatan setahun mendatang.

Laporan kegiatan mencakup Service Learning Program (SLP) yang telah berlangsung di Sophia University Tokyo Jepang pada tanggal 1-14 Agustus 2018 dan diikuti 28 mahasiswa, didampingi 8 dosen dan berasal dari 9 Perguruan Tinggi, Global Leadership Program (GLP) yang telah berlangsung di Universitas Sogang pada tanggal 11-18 Agustus 2018 dan diikuti oleh 14 mahasiswa dari 4 universitas, seminar pendidikan dengan tema ‘Education in the Age of Fake News and A.I” yang telah berlangsung di Ateneo de Manila pada 3-5 Oktober 2018 dan dihadiri 250 peserta dari berbagai sekolah di Filipina, serta keterlibatan AJCU-AP dalam berbagai pertemuan khususnya dengan International Association of Jesuit University (IAJU).

Pembicaraan tentang UAP difasilitasi oleh Romo Tony Moreno, SJ; sedangkan Pak Ouda memimpin diskusi piagam konsorsium pendidikan; dan Romo B. Yuliawan, SJ membahas proposal proyek sustainability. Sementara itu untuk pemilihan Ketua AJCU-AP periode 2019-2022, Rektor USD terpilih kembali karena mendapat suara terbanyak.

(JEP)

  kembali