USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pameran Kerjasama Perupa USD dan Kelompok SEPI

diupdate: 2 minggu yang lalu



Universitas Sanata Dharma (USD) bekerja sama dengan Kelompok Seniman Pinggiran (SEPI) mengadakan Pameran Seni Rupa yang bertempat di Galeri Gejayan, Kampus II USD, Mrican. Pameran Seni Rupa ini resmi dibuka Sabtu (3/8) oleh Bapak Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. selaku Ketua Dies Natalis ke-64 USD dan Bapak Pupuk DP, selaku Perupa senior.

Dalam tulisan Lima Belas Tahun Kelompok SEPI: Menguak Jejak Tradisi ‘Panjat Pinang’ karya G. Budi Subanar, SJ., menyatakan bahwa Kelompok SEPI bermula dari sejumlah perupa didikan sekolah menengah dan beberapa orang yang sama sekali tidak memiliki latar pendidikan seni rupa, namun punya minat dan hasrat menggambar, melukis, atau berkesenian pada umumnya. Seiring dengan berjalannya waktu, anggota Kelompok SEPI ini terus bertambah. Tidak hanya sebatas pendidikan sekolah menengah, namun beberapa anggota juga berlatar pendidikan tinggi atau bahkan ibu rumah tangga. Meskipun berbeda latar belakang, mereka punya kemerdekaan untuk berkreasi dan mengeksekusi imajinasinya untuk berkesenian.



Bapak Ouda Teda Ena dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan itu harus menyeluruh, maka dari itu USD banyak menyelenggarakan kegiatan kesenian. “Bagi kami, berkesenian bukanlah untuk menjadi seniman, namun untuk menjadi lebih humanis sesuai dengan tagline USD ‘Cerdas dan Humanis’”. Meskipun tidak ada program studi seni, namun USD menyelenggarakan kegiatan seni hampir di setiap minggu.” ujar Bapak Ouda lebih lanjut. Sementara itu Bapak Pupuk DP saat menyampaikan sambutannya meneguhkan bahwa seni harus dijaga sebaik-baiknya.

Pembukaan Pameran Seni Rupa ini berlangsung meriah. Tidak hanya dari kalangan perupa yang datang, namun juga antusiasme dari mahasiswa. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Ons Untoro selaku sastrawan, Ibu Marthina Wuryani dari Bentara Budaya Yogyakarta, dan Bapak Arif Sukardono sebagai seorang fotografer. Pameran Seni Rupa ini akan berlangsung sampai tanggal 9 Agustus 2019.

(IRE & YAP)

  kembali