USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Mahasiswa USD Lakukan International Teaching Practice di Chiang Rai, Thailand

diupdate: 3 minggu yang lalu


Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) bersama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sanata Dharma (USD) mengirimkan delapan mahasiswa untuk mengikuti program International Teaching Practice di Chiang Rai, Thailand. Program yang dilakukan di Xavier Learning Community ini berlangsung selama hampir satu bulan, yaitu pada tanggal 19 Juni – 12 Juli 2019. Program ini merupakan program pengganti mata kuliah Magang yang ditawarkan oleh setiap program studi di FKIP, baik itu program sarjana maupun pascasarjana, di mana para mahasiswa diharapkan untuk mempraktekkan teori mengajar yang sudah didapatkan selama mengikuti pembelajaran di kelas. International Teaching Practice kali ini merupakan yang kedua kalinya di tahun 2019 setelah bulan Maret lalu mengirim empat mahasiswa ke Myanmar.


Delapan mahasiswa yang dikirim ke Thailand ini merupakan mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Ekonomi (PE), dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI).  Mereka adalah Hilaria Mukti (PBI), Monica Devi (PBI), Putriahyana Sucianingrum (PBI), Upik Wulandari (PBI), Nikita Uta (PE), Dorothea Dian (PE), Lusiana Sari Rahayu, S.Pd. (MPBI), dan Niko Albert Setiawan, S.Pd. (MPBI). Di sana, para mahasiswa PBI mengajar Bahasa Inggris di jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) dan juga Sekolah Dasar (SD). Selain itu, mahasiswa PE memberi pelatihan akuntansi untuk para pemilik toko kelontong yang ada di sekitar Xavier Learning Community. Lalu, mahasiswa MPBI mengajar bahasa Inggris pada jenjang pendidikan umum pada Xavier Immersion Program.

“Awalnya saya takut karena tidak bisa bahasa Thailand.” ujar Hilari, salah satu peserta program. “Tapi ternyata perbedaan bahasa tidak menghambat kami untuk mengajar dan berinteraksi dengan anak-anak yang kami ajar.” Harapannya program International Teaching Practice ini terus berlangsung dan melibatkan lebih banyak mahasiswa dari berbagai program studi di FKIP USD agar semakin banyak ilmu yang dapat dibagikan di lapangan.

(SPP & RNS)

  kembali