USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

KKN USD Angkatan 58
Penyuluhan Peternakan dan Vaksinasi Hewan Ternak di Ngasinan, Gunungkidul

diupdate: 4 minggu yang lalu


Kelompok 50 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sanata Dharma (USD) Angkatan 58 pada hari Selasa 23 Juli 2019 mengadakan program kerja penyuluhan peternakan dan vaksinasi hewan ternak gratis yang bertempat di Dusun Ngasinan, Kelurahan Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan oleh Drh. Asih Susanti sebagai medis veteriner; Ida Hesti, Amd. dan Sudadi sebagai paramedis; serta Rahmadi Yanto sebagai Inseminator dari UPT PUSKESWAN Nglipar.

Sasaran kegiatan penyuluhan ini adalah seluruh warga Dusun Ngasinan yang memiliki hewan ternak berupa sapi dan/atau kambing dengan target awal sebanyak 30 hewan. Tujuan dari diadakannya penyuluhan dan vaksinasi ini untuk mengetahui hewan tersebut dalam keadaan hamil atau tidak, memberikan vitamin dan obat cacing, serta mencegah lalat hinggap pada bagian-bagian tubuh hewan yang mengalami luka terbuka.

Warga Dusun Ngasinan sangat antusias menyambut kegiatan ini, terbukti dari 30 ekor hewan yang ditargetkan oleh Topan Dwi sebagai penanggungjawab program kerja ini, ternyata hewan yang diikutsertakan berjumlah 68 ternak dengan jumlah sapi sebanyak 45 ekor dan kambing sebanyak 23 ekor. Tak disangka, selain karena vaksinasi ini gratis, warga juga memahami bahwa vaksinasi sangat penting untuk hewan ternak, karena tujuan vaksinasi pada hewan ternak salah satunya adalah untuk melawan antigen atau microorganism penyebab penyakit yang merangsang sistem kebal menghasilkan antibody, khususnya terhadap penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus-virus, bakteri, dan protozoa.

Penyuluhan dan vaksinasi ini berlangsung sukses dan lancar. Kegiatan tersebut juga didukung sepenuhnya oleh Bapak Dwi Handaka selaku Kepala Dukuh Ngasinan. Beliau mengatakan kegiatan penyuluhan dan vaksinasi tersebut perlu diadakan sebagai kegiatan tahunan di Dusun Ngasinan melihat sebagian besar warganya adalah peternak.

(KEI)

  kembali