USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Laksanakan Tes Tertulis PMB di LPMAK, Timika, Papua

diupdate: 5 tahun yang lalu



Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) adalah lembaga yang didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan masyarakat Amungme dan Kamoro serta lima suku kekerabatan (Dani, Damal, Moni, Mee, dan Nduga). LPMAK termasuk salah satu mitra kerjasama Universitas Sanata Dharma (USD) di Kota Timika, Papua. Kerjasama LPMAK dan USD tersebut dimulai pada tahun 2007. Pada saat itu, LPMAK mengirimkan beberapa calon mahasiswa untuk belajar di USD. Setelah lima tahun berjalan, kerjasama ini diperpanjang lagi untuk lima tahun. Beberapa tahun terakhir, tidak ada calon mahasiswa yang dikirimkan untuk belajar di USD, sampai akhirnya pada tahun 2019 ini LPMAK berencana mengirimkan kembali beberapa calon mahasiswa baru, sehingga meminta kesediaan pihak USD untuk melaksanakan tes seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Timika.

Perwakilan dari USD yaitu Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI), Yurisdixta Menavia; Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas), Aquelina Yunaeni Mariati; dan Kepala Pusat Pelayanan Tes dan Konsultasi Psikologi (P2TKP), Timotius Maria Raditya Hernawa, M.Psi. pada tanggal 19 Juni 2019 melakukan tes seleksi di Timika. Perwakilan USD disambut langsung oleh Kepala Biro Pendidikan LPMAK dan beberapa staf Biro Pendidikan. Pihak LPMAK sangat senang dan berterima kasih kepada pihak USD atas kesediaan datang langsung ke Timika untuk melanjutkan kerjasama pengiriman calon mahasiswa baru.

Tes seleksi yang dilakukan terdiri dari dua tahap, yaitu tes tertulis dan wawancara. Setelah proses seleksi selesai, hasil nilai tes dikonfirmasi kepada Ketua Program Studi di USD yang diminati oleh calon mahasiswa. Kemudian terpilihlah 13 dari 23 peserta tes, yang akan menjadi calon mahasiswa baru USD. Tiga belas calon mahasiswa tersebut akan tersebar belajar di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Agama Katolik, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Pendidikan Bahasa Inggris.

Dengan adanya pengiriman calon mahasiswa baru di USD di tahun akademik 2019/2020, harapannya kerjasama ini terus berlanjut dengan baik dan pihak LPMAK bisa mengirimkan lebih banyak calon mahasiswa baru untuk belajar di USD sehingga bisa meningkatkan sumber daya manusia yang cerdas dan humanis di Timika. Selain itu, semoga dengan kerjasama ini, para siswa di Timika semakin termotivasi untuk giat belajar dan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

(RNS & SPP)

  kembali