USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Diskusi tentang Kronik Kalimantan oleh Magister IRB USD

diupdate: 1 bulan yang lalu



Program Studi Magister Ilmu Religi dan Budaya (IRB) bersama dengan Pusat Sejarah dan Etika Politik (Pusdep) mengadakan kegiatan diskusi yang membahas buku “Kronik Kalimantan (Berdasarkan Catatan Pribadi dan Dokumen yang dikumpulkan oleh Nila Riwut)”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat (29/5) di Ruang Kadarman Kampus II USD, dengan peserta mahasiswa Magister IRB USD, juga mengundang mahasiswa Pascasarjana dari Universitas lain.

Dalam Buku Kronik Kalimantan ini terdapat upaya-upaya bagaimana bapak Tjilik Riwut berjuang membawa misi nasionalisme masuk ke Kalimantan. Peluncuruan Kronik Kalimantan ini bertepatan dengan 100 tahun usia bapak Tjilik Riwut. Kronik ini lebih menarik karena bukti sejarah yang dikumpulkan berdasarkan catatan pribadi dan dokumen asli milik bapak Tjilik Riwut dan telah dikumpulkan oleh Nila Riwut, putri ketiga dari bapak Tjilik Riwut.

Pembicara diskusi tersebut adalah Nila Riwut (Penulis Buku Kronik Kalimantan), Prof. Dr. Paschalis Maria Laksono (Dosen UGM), dan Dr. G. Budi Subanar, S.J (Dosen IRB USD). Masing-masing pembicara menyampaikan materi bergantian mengenai buku tersebut. Dimulai dari Ibu Nila Riwut memamparkan isi buku tersebut, kemudian dilanjutkan oleh Romo Banar dan Bapak Paschalis menyampaikan kajiannya.

(NW & AHLN)

  kembali