USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Tingkatkan Kolaborasi, PBSI USD Rancang Kegiatan dengan UKM dan UPM

diupdate: 1 bulan yang lalu



Kuala Lumpur – Rabu (12 Juni 2019) perwakilan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan pertemuan koordinasi dengan Program Linguistik Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Jabatan Bahasa Melayu Fakulti Bahasa Moden dan Komunikasi Universiti Putra Malaysia (UPM). Kedua pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari perbincangan rencana kolaborasi yang diinisiasi sejak beberapa bulan yang lalu. Pada pertemuan dengan perwakilan UKM, Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum. menyampaikan rencana-rencana kolaborasi dalam bidang pengajaran dan penelitian, khususnya publikasi ilmiah. “We can write a journal article together to be published in Scopus journal,” usul penerima penghargaan dosen berprestasi dari LL Dikti V DI Yogyakarta tersebut. Sebagai perwakilan dari UKM, Assoc.profesor., Dr. Fazal Mohamed bin Mohamed Sultan, menyambut dengan gembira rencana tersebut. Diskusi antarperwakilan kedua lembaga berlangsung dinamis selama lebih kurang tiga jam. Pertemuan tersebut diakhiri dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) untuk beberapa kolaborasi kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.

Pada pertemuan kedua dengan perwakilan UPM, Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum. dan Rishe Purnama Dewi, S.Pd., M.Hum. kembali menyatakan rencana-rencana strategis dalam bidang pengajaran, penelitian, dan publikasi ilmiah. Secara khusus, untuk mewujudkan rencana dalam bidang pengajaran, baik perwakilan USD maupun UPM, dalam hal ini diwakili oleh ketua Jabatan Bahasa Melayu, Prof. Madya. Dr. Zaitul Azma Binti Zainon Hamzah, bersepakat untuk melaksanakan program visiting lecturer mulai akhir tahun 2019 hingga selanjutnya. Selain itu, kegiatan lain seperti kolaborasi pelaksanaan seminar internasional dan penulisan artikel jurnal direncanakan akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia meyakini kolaborasi dan kerjasama antarinstitusi baik dalam negeri maupun luar negeri dapat meningkatkan reputasi program studi. Sejalan dengan hal tersebut, peningkatan kualitas program studi dapat diwujudkan secara berkelanjutan.

(ADSN)     

  kembali