USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pelatihan Jurnalistik bagi Mahasiswa PE USD

diupdate: 5 tahun yang lalu


Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma (PE USD) pada hari Sabtu, 11 Mei 2019 mengadakan pelatihan jurnalistik bertempat di Laboratorium Program Studi PE USD. Pelatihan ini dihadiri 13 orang mahasiswa pengurus dan kontributor buletin.

Sesi 1 dan 2 pelatihan jurnalistik mengenai teknik menulis di era revolusi industri 4.0 dengan narasumber Bapak Hendra Kurniawan, M.Pd. Dosen Pendidikan Sejarah USD. Pak Hendra memberikan materi tentang teknik penulisan dalam jurnalistik terutama bagi pemula. Kemudian dilanjutkan  pemahaman tentang alur penulisan dan kesalahan dalam menulis. Menurut Pak Hendra, kunci penulisan di era saat ini adalah “menjerit” (menarik, jelas, ringkas, tertib). Selain itu, kreativitas juga sangat diperlukan di era revolusi industri 4 ini.

Sesi 3 dan 4 dalam pelatihan ini adalah teknik menulis dan praktik menulis di media massa dengan narasumber Bapak Ikrob Didik Irawan, S.T. (Digital Manajer Tribunjogja.com). “Tips yang paling utama adalah bahwa tulisan yang dibuat dapat menggerakkan atau mempengaruhi pembaca.” ujar  Pak Ikrob.

Dalam sesi praktik menulis, mahasiswa diberi batas waktu tertentu untuk praktik menulis tentang kegiatan ini. Tulisan terbaik langsung dimuat di tribunjogja.com.

(FMK)

  kembali