USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Talent: Be Brave to Show Your Move

diupdate: 5 tahun yang lalu


Setiap insan mempunyai bakat atau talenta. Bakat merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Salah satu hal yang penting dari bakat ialah bagaimana proses mengembangkannya. Untuk itu, Kementerian Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sanata Dharma (BEM USD) mengadakan suatu acara yang dapat mewadahi bakat-bakat yang dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswi USD. Acara tersebut ialah USD Talent.

USD Talent merupakan suatu acara yang dikelola oleh BEM khususnya kementerian PSDM. Acara ini salah satu program kerja tahunan yang pernah beberapa kali dilaksanakan, namun sempat berhenti selama dua tahun terakhir. Namun pada kepengurusan BEM USD kabinet kolaborasi kerja nyata, USD Talent kembali dimunculkan. Kegiatan ini bertujuan mencari, menyalurkan, mewadahi, dan mengapresiasi bakat-bakat mahasiswa, mulai dari perlombaan dan kompetisi hingga kesempatan tampil di malam puncak. Terdapat empat cabang seni dan empat cabang olah raga yang dilombakan. Untuk bidang seni meliputi musikalisasi puisi, vokal grup, fotografi, dan dance, sedangkan bidang olah raga meliputi voli, futsal, bulu tangkis, dan basket.

Rangkaian Acara USD Talent dimulai sejak tanggal 28 April dan ditutup dengan malam puncak pada Sabtu 4 Mei 2019. Malam puncak USD Talent merupakan acara yang ditunggu-tunggu karena selain merupakan momen pembagian hadiah dan penampilan juara, juga terdapat banyak bintang tamu yang digemari mahasiswa. Salah satunya adalah Korekkayu. Acara ini diadakan di pelataran taman kolam Kampus 3 USD Paingan. Pelataran taman yang rimbun seketika disulap menjadi tempat konser bertemakan garden party yang syahdu, dilengkapi dengan hiasan lampion di sekitar kolam dan lampu-lampu warna warni semakin mendukung suasana.


Acara malam puncak ini dibuka oleh beberapa sambutan, salah satunya adalah sambutan dari  Paulus Bambang Irawan, S.J., S.S., M.Hum., S.T.D. selaku Wakil Rektor USD. Dalam sambutannya, Romo Bambang sangat mengapresiasi diadakan acara ini, karena selain dapat menyalurkan talenta yang dimiliki, juga dapat saling bertemu tidak hanya satu fakultas namun satu universitas. “Harapan saya ke depannya, kegiatan yang positif ini dapat terus diadakan, mungkin semakin banyak talenta yang dimunculkan dan ide-ide perlombaan yang semakin kreatif.” imbuhnya.

Hanya dengan lima ribu rupiah, penonton dapat menikmati keseruan acara ini. Acara ini tidak hanya diramaikan oleh mahasiswa USD saja namun terbuka untuk umum. Rangkaian acara yang dimulai sejak 17.00 WIB ini, berisi penampilan-penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Komunitas, pemenang lomba, dan bintang tamu. Semakin malam, acara semakin asyik didukung juga oleh MC yang lihai dalam membawakan acara.

Acara dengan jumlah panitia sekitar delapan puluh mahasiswa ini cukup sukses. “Acaranya ‘pecah’ banget dan dekorasinya keren, sering-sering diadakan acara seperti ini.” ungkap Lisa, salah satu pengunjung acara. Hampir serupa, Pandu, selaku Ketua Panitia USD Talent 2019, juga menuturkan “harapannya (acara ini) bisa berkesan bagi yang datang, bisa have fun bareng dan sekaligus menyalurkan bakat dan talenta.” tuturnya.

(YDL & DPM)

  kembali