USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Jadi Tuan Rumah Acara Panel Discussion & Press Conference untuk IERA Extensive Reading Roadshow

diupdate: 4 bulan yang lalu



Pada hari Rabu (23/4) bertempat di ruang Kadarman Gedung Pusat lantai 4, Universitas Sanata Dharma (USD) menjadi tuan rumah acara panel discussion and press conference sebagai pembukaan kegiatan IERA Extensive Reading Roadshow 2019, kerjasama antara Indonesian Extensive Reading Association (IERA), Extensive Reading Foundation (ERF), dan Regional English Language Office (RELO), Kedutaan Besar Amerika Serikat. Acara yang disiapkan oleh Ibu Aquelina Yunaeni Mariati (Kepala Humas USD) dan Bapak Kresna Soegio (Staff Press Kedutaan Besar Amerika Serikat) ini dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan perwakilan dari beberapa universitas, sekolah, taman bacaan masyarakat, dan beberapa media seperti Kompas dan RRI Yogyakarta.

Pada sesi diskusi panel, terdapat tujuh (7) panelis: (1) Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. (Rektor Universitas Sanata Dharma), (2) Dr. Bradley Horn (Direktur RELO, Kedutaan Besar Amerika Serikat), (3) Dr. Thomas Robb (English Language Specialist, Kyoto Sangyo University Japan, Ketua Extensive Reading Foundation), (4) Prof. Marc Helgesen (English Language Specialist, Miyagi Gakuin Women’s University Japan, Anggota Extensive Reading Foundation), (5) Yuseva Ariyani Iswandari, M.Ed. (dosen PBI, Ketua IERA), (6) Christina Lhaksmita Anandari, Ed.M. (dosen PBI, Ketua ER Roadshow 2019), dan (7) Dr. Pratiwi Retnaningdyah (Kaprodi Universitas Negeri Surabaya, Anggota Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud).

Pada kesempatan baik ini, para panelis memaparkan pentingnya peningkatan budaya membaca di lingkungan sekolah dan universitas. Selain untuk membantu peningkatan literasi secara umum, kegiatan ini juga dapat membantu meningkatkan pemikiran kritis dalam upaya mencegah dan menangkal berita-berita kebohongan (hoax) yang semakin berkembang desawa ini. Salah satu upayanya adalah dengan memperkenalkan program Extensive Reading (membaca ekstensif/luas) dan penggunaan Graded Readers (buku berjenjang) untuk membantu merubah persepsi masyarakat (peserta didik di sekolah pada khususnya) mengenai aktivitas membaca yang masih sering dipandang sebagai aktivitas yang membosankan dan tidak menarik. Dalam Extensive Reading, pembaca diperbolehkan untuk memilih buku bacaannya sendiri yang sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa mereka dan sesuai topik yang mereka sukai. Dengan demikian, pembaca akan menjadi termotivasi untuk membaca lebih banyak karena mereka dapat memahami bacaan dengan lebih baik dan tidak merasa tertekan.

Extensive Reading Roadshow 2019 yang dikoordinasi oleh Ibu Lhaksmita Anandari ini dimulai pada tanggal 24 April 2019 di American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kemudian dilanjutkan pada tanggal 26 April di My America Jakarta Kedutaan Besar Amerika Serikat, tanggal 27 April di Sampoerna University, tanggal 29 April di Universitas Maranatha dan Yayasan BPK PENABUR Bandung, tanggal 30 April di American Corner Institut Teknologi Bandung, Tanggal 2 Mei di STKIP PGRI Jombang, tanggal 3 Mei di American Corner Universitas Airlangga, dan diakhiri pada tanggal 4 Mei 2019 di Universitas Negeri Surabaya.

(YAI)

  kembali