USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Open House oleh MPBI USD

diupdate: 5 tahun yang lalu



Sebuah institusi pendidikan bertanggung jawab untuk mempersiapkan generasi yang mampu berkontribusi bagi bangsa. Tentunya, kontribusi yang diberikan untuk bangsa menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.  Misalnya, permasalahan kekurangan tenaga didik, maka generasi muda dipersiapkan untuk menjadi guru yang memiliki integritas tinggi.  Dengan begitu, kontribusi nyata yang dapat diberikan adalah menjembatani anak bangsa untuk berjalan menuju masa depan yang lebih baik.

Universitas Sanata Dharma (USD) menjadi salah satu lembaga pendidikan yang ikut andil dalam mempersiapkan generasi yang melek terhadap masa depan. Tak hanya melalui program sarjana, namun juga program magister berusaha mendukung mahasiwa untuk siap terjun dalam pembangunan bangsa yang berperngetahuan modern dan maju. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) memepersiapkan mahasiswa untuk dapat menjadi lulusan yang visioner dan konsen terhadap bidang pendidikan.

Program MPBI  USD terpanggil untuk menjadi wadah yang mempersiapkan tenaga didik profesional di bidangnya. Saat ini, jumlah lulusan S1 sudah banyak. Hal ini akan membuat persaingan mencari lapangan pekerjaan bagi lulusan S1 menjadi sangat ketat. Tidak menutup kemungkinan, hal tersebut akan menimbulkan pengangguran baik jangka pendek maupun panjang. Namun, hal tersebut tentunya tidak boleh menjadi alasan utama untuk membentuk self-improvement. MPBI USD memberi kesempatan bagi lulusan S1 untuk lebih memperluas pengetahuan disertai pembekalan research yang cukup supaya semakin mampu mengembangkan ilmu yang dimiliki.

Untuk itu, MPBI USD mengadakan MPBI Open Houseyang diselenggarakan pada tanggal 26 Maret 2019 di Student Hall, USD. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk semakin memperkenalkan program kepada mahasiswa, diikuti oleh kurang lebih 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dan beberapa dosen terkait seperti Barli Bram, M.Ed., Ph.D.; Concilianus Laos Mbato, M.A., Ed.D.; Markus Budiraharjo, M.Ed., Ed.D., Paulus Kuswandono, Ph.D.; dan Dr. Retno Muljani, M.Pd.

Kegiatan tersebut diawali dengan penyampaian visi dan misi MPBI oleh Concilianus Laos Mbato, M.A., Ed.D. selaku Ketua Program Studi MPBI. Selain itu, beliau juga menyampaikan mengenai gambaran kuliah serta manfaat yang dapat diperoleh mahasiswa ketika memilih untuk melanjutkan pendidikan S2 di MPBI USD, seperti melaksanakan praktek kerja lapangan di luar negeri, penelitian bersama dosen, dan sistem perkuliahan yang tidak banyak menyita waktu mahasiswa. Lebih lanjut, beberapa dosen lainnya, Markus Budiraharjo, M.Ed., Ed.D.; Paulus Kuswandono, Ph.D.; dan Dr. Retno Muljani, M.Pd juga menambahkan beberapa hal terkait S2, supaya mahasiswa memiliki motivasi untuk melanjutkan pendidikan S2 karena mengingat banyaknya lulusan S1 di Indonesia semakin mempersempit mahasiswa untuk mencari pekerjaan yang sesuai. Harapannya melalui kegitan MPBI Open House ini mahasiswa semakin terbuka akan pentingnya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, sehingga generasi muda semakin memiliki ilmu pengetahuan yang luas serta dapat ikut terlibat dalam pembangunan bangsa.

(VYA & FPH)

  kembali