USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kuliah Umum “Robotik” oleh PGSD USD

diupdate: 5 tahun yang lalu



Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sanata Dharma (USD) kembali mengadakan kuliah umum pada hari Senin 18 Maret 2019 bertempat di Auditorium Driyakarya USD. Kuliah umum dengan tema “Robotik” ini dihadiri oleh para dosen PGSD, Mahasiswa PGSD, dan PPG USD. Tema tersebut merupakan hal baru yang diangkat oleh program studi PGSD mengingat perubahan teknologi dan pendidikan yang semakin canggih serta maju di era sekarang.

Christiyanti Aprinastuti, S.Si., M.Pd., selaku Ketua Program Studi PGSD USD dalam sambutannya menyampaikan kaitan tema yang diangkat pada kuliah ini dengan profesi sebagai guru SD tentang robotik. Ketika dihadapkan pada suatu hal yang baru terdapat dua macam pilihan, apakah akan mencoba beradaptasi dengan perubahan atau kalau tidak kemungkinan akan tertinggal. Kuliah umum kali ini juga terdapat kaitannya dengan kuliah umum sebelumnya tentang pendidikan di era revolusi industri 4.0. Maka, tema robotik ini akan sangat relevan untuk dipelajari bersama. Beliau berharap mahasiswa bisa mengambil salah satu filosofi bagaimana belajar robotik ini untuk kaitannya dengan mata pelajaran dan karakter apa saja yang bisa diambil ketika belajar robotik dan dapat diaplikasikan saat menjadi guru SD.

Kuliah umum ini menghadirkan pembicara yakni Dr. Eng. Petrus Sutyasadi, dosen dari Politeknik Mekatronika Sanata Dharma dan dimoderatori oleh Drs. Albertus Hartana, S.J., M.Pd. Dalam dalam paparannya, Pak Petrus menyampaikan materi tentang strategi pembelajaran dan pengenalannya terhadap dunia sekolah dasar. Banyak manfaat yang akan didapatkan ketika suatu sekolah dasar mengenalkan robotik pada peserta didik seperti merangsang berpikir sistematis, meningkatkan kemampuan motorik halus, meningkatkan keterampilan, imajinasi & kreatif, melatih kerjasama dalam kelompok, melatih kesabaran dan ketekunan. Selain itu, terdapat beberapa model yang dapat diterapkan sebagai media pembelajaran di kelas seperti robotik model serangga, dll. Dengan demikan, diharapkan para mahasiswa dapat memilih dan mengembangkan teknologi sebaik mungkin untuk mendukung pembelajaran baik ketika masih proses perkuliahan dan menjadi guru di masa depan.

Acara ini juga dimeriahkan oleh band dari PGSD, yang selanjutnya ditutup dengan  pemberian kenang-kenangan dari PGSD USD, doa dan foto bersama.

(NWJ & RPL)

  kembali