USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Mahasiswa Kerjasama Ikuti Live-In

diupdate: 7 bulan yang lalu



Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Jumat (08/03) mengirim mahasiswa kerjasama angkatan 2018 dari luar pulau Jawa ke Dusun Bendo, Bantul, untuk live-in, merasakan kehidupan bersama keluarga di Bantul. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dibagi menjadi delapan kelompok, lalu ditempatkan di delapan rumah warga Dusun Bendo.

Selama tiga hari dan dua malam, mahasiswa kerjasama tinggal di rumah-rumah keluarga Dusun Bendo dan mengikuti kegiatan keluarga tersebut. Ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan: membuat papan reklame, menjual bubur, menjual siomay, membuka jasa binatu, menambang pasir, membuka warung, dan menjadi pengrajin kayu.

Kegiatan live-in merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan BKHI USD bagi mahasiswa kerjasama. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa kerjasama merasakan dan mengalami kehidupan di keluarga Jawa, karena mahasiswa kerjasama berasal dari berbagai pulau di Nusantara seperti Nias, Merauke, Mentawai, Asmat, dan Sorong sehingga akan lebih mudah beradaptasi selama studi mereka di Universitas Sanata Dharma.

“Kami merasa sangat diterima di sini dan juga merasakan kasih sayang keluarga yang tidak kami dapatkan selama tinggal di Yogyakarta. Kami juga belajar bagaimana susahnya mencari uang.” kata salah satu mahasiswa kerjasama sambil menahan tangis di acara penutupan pada hari Minggu (10/03).

“Saya mewakili semua keluarga merasa sangat bersyukur dapat dibantu oleh mas-mas dan mbak-mbak selama dua hari terakhir ini. Semoga pengalaman selama tinggal bersama kami, bisa menjadi pengalaman berharga untuk kalian.” tambah Pak Waluyo selaku Kepala Keluarga salah satu rumah yang dijadikan tempat tinggal mahasiswa.

(SPP & DR)

  kembali