USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Rektor USD Hadir dalam Rapat Rutin Pengurus IAJU di Roma Italia

diupdate: 5 tahun yang lalu


Sebagai bagian dari tugasnya menjadi Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Yesuit se-Asia Pasifik (AJCU-AP: Association of Jesuit Colleges and Universities - Asia Pacific) yang otomatis menjadi salah satu anggota pengurus International Association of Jesuit University (IAJU), Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) Johanes Eka Priyatma, Ph.D. menghadiri pertemuan tahunan di Roma Italia. Pertemuan berlangsung dari tanggal 18 sampai dengan 20 Februari 2019 di Kantor Pusat (Curia) Serikat Yesus yang berada tepat di samping basilika Santo Petrus Vatican.

Pertemuan yang dipimpin oleh Ketua IAJU Romo Michael Garanzini, S.J. diikuti oleh 12 delegasi yang berasal dari 6 asosiasi regional Universitas Yesuit yakni regio Asia Pasifik, Asia Selatan, Eropa, Amerika Latin, Amerika Utara, dan Afrika. Masing-masing wilayah diwakili oleh 2 utusan.  Utusan untuk Asosiasi regional Asia Pasifik (AJCU-AP) adalah Rektor USD dan Rektor Ateneo de Manila, Romo Jett Villarin, S.J.

Selain dihadiri 12 delegasi regional, pertemuan juga melibatkan beberapa pihak di beberapa sesi tertentu. Pater Jenderal Arturo Sosa, S.J. menyempatkan diri hadir selama 1 jam untuk menyampaikan “Jesuit Apostolic Preferences 2019-2029.” Dua belas anggota task force yang dibentuk sejak sebelum pertemuan IAJU di Bilbao Spanyol, Juli 2018 beserta koordinator umumnya yakni Romo David Mc. Callum, S.J. mempresentasikan rancangan 6 program yang telah disusun. Beberapa pihak lain juga hadir masing-masing sekitar 1 jam yakni Romo John Dardis, S.J. selaku asisten jendral untuk kantor “Discerment and Planning.” Beliau menyampaikan tugas yang sedang dikerjakan yakni mengembangkan program kepemimpinan Ignasian baik untuk awam maupun rohaniwan. Ibu Corrine Mellul mewakili IFCU (International Federation of Catholic University) selama 1 jam memaparkan visi dan misi IFCU sekaligus berharap dapat menjalin kerjasama dengan IAJU. Pembicara lain yang hadir adalah Romo John Guiney, S.J. sebagai direktur dari kantor baru yang membantu Serikat Yesus beserta institusinya untuk membangun budaya yang mampu melindungi mereka yang rentan terhadap pelanggaran susila.

Pertemuan yang berlangsung 3 hari tersebut diawali dengan laporan perkembangan setiap asosiasi regional, dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi program kerja dari 6 task force sebagai tindak lanjut pertemuan IAJU tahun 2018, presentasi dari beberapa pihak terkait sebagaimana tersebut di atas, serta penentuan berbagai keputusan organisatoris IAJU seperti rapat berikutnya, pengelolaan website, dan persiapan pertemuan IAJU 2021. Rapat pengurus IAJU selama tiga hari yang berlangsung dari jam 9.00 pagi sampai jam 18.00 sore memang terasa padat dengan berbagai pergulatan pengembangan Universitas Yesuit sedunia tetapi membawa banyak tambahan wawasan, semangat, serta kebersamaan yang penuh persaudaraan dan pengertian.

(JEP)

  kembali