USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Berpartisipasi pada TUNING TASE Fifth General Meeting di Vietnam

diupdate: 5 tahun yang lalu



TUNING TASE adalah sebuah proyek peningkatan kapasitas perguruan tinggi yang dikoordinir oleh Universitas Deusto Spanyol. Proyek ini melibatkan 6 universitas di Eropa dan 22 universitas dari 10 negara di Asia Tenggara dengan dana dari Erasmus +. Proyek ini berlangsung selama 4 tahun dan tahun 2019 ini adalah merupakan tahun terakhir di mana sebagian besar kegiatan telah terlaksana dengan baik. Universitas Sanata Dharma adalah salah satu universitas yang menjadi implementing university bersama empat universitas lainnya di Asia Tenggara.

Pertemuan yang berlangsung selama lima hari mulai tanggal 24 sampai dengan 28 Februari di Ho Chi Minh City ini dibuka dengan plenary session oleh Prof. Diep Tuan Tran, rektor University of Medecine and Pharmacy, Ho Chi Minh dan Dr. Jose Maria Guibert SJ, rektor Deusto University. Acara dilanjutkan dengan consultation round table di mana rektor USD, Johanes Eka Priyatma, Ph.D. menjadi salah satu narasumber bersama rektor-rektor dari 5 universitas lainnya. Dalam paparannya rektor USD menyampaikan gagasan tentang internasionalisasi perguruan tinggi dalam konteks global. Menurutnya internasionalisasi perguruan tinggi adalah sarana, bukan tujuan. Hal ini adalah sarana untuk semakin meningkatkan mutu lulusan dan meningkatkan mutu penelitian dan publikasi perguruan tinggi. Sesi berbagi pengalaman institusi ini dimoderatori oleh Dr. Choltis Dhirathiti, direktur Asian University Network.

Pemaparan berikutnya adalah tentang rancangan dan implementasi program pemberdayaan perguruan tinggi di Asia Tenggara oleh Pablo Benitone, direktur Tuning Academy. Kemudian diikuti oleh pemaparan tujuan dan hasil dari pertemuan kelima di Vietnam oleh Dr. Ivan Dyukarev sebagai project manager dari kegiatan ini. Sesudah jeda, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi pada tiga kelompok bidang ilmu yang meliputi pendidikan guru, teknik sipil, dan kedokteran.

Tiga peneliti USD yang tergabung dalam bidang ilmu pendidikan guru adalah Fx. Ouda Teda Ena, Ed.D.; Paulus Kuswandono, Ph.D.; dan Fx. Mukarto, Ph.D. Mereka melaporkan hasil peningkatan kapasitas perguruan tinggi melalui revaitalisasi kurikulum yang diterapkan di Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, USD. Manfaat dari menerima hibah internasional ini antara lain adalah adanya revitalisasi kurikulum, terjadinya perbaikan kualitas yang berkelanjutan, dan terjadinya penyesuaian dan kesepakatan kompetensi umum dan khusus bagi lulusan di Asia Tenggara. Hasil kajian ini akan diterbitkan menjadi buku oleh Tuning Academy, Universtas Deusto Spanyol sehingga praktek baik ini juga bisa dipelajari oleh  perguruan tinggi lainnya.

(OTE)

  kembali