USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kuliah Umum PBSI USD: “Didactic Research”

diupdate: 5 tahun yang lalu



Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma (Prodi MPBSI USD) pada hari Selasa (26/2) mengadakan kuliah umum dengan tema “Didactic Research”. Seminar yang diadakan di Ruang Seminar Auditorium  Driyarkara USD ini menghadirkan pembicara Dr. Yeti Mulyati M.Pd., dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kedatangan Dr. Yeti Mulyati, M.Pd. dalam kuliah umum kali ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Prodi PBSI USD dan Prodi PBSI UPI. Kuliah umum ini dihadiri oleh seluruh dosen PBSI USD dan mahasiswa Prodi PBSI baik Program Sarjana (S1) maupun Program Magister (S2).

Dr. Remigius Kunjana Rahardi, M.Hum., selaku Ketua Program Studi MPBSI USD dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejarah telah membuktikan negara yang maju memiliki penelitian yang maju pula, Kunjana berharap Program Studi PBSI USD juga dapat maju dan dapat meluluskan mahasiswa yang berkualitas karena penelitian yang berkualitas pula.

Dalam kuliah umum ini Yeti menyampaikan materi tentang Metodologi Penelitian yang berkembang di dunia pendidikan, terkhusus Didactical Design Research (DDR). Metodologi DDR ini merupakan metode baru di dunia pendidikan. Karena metodologi DDRterbilang baru, maka sebagai mahasiswa harus mampu menguasai metode pokok dari DDR yaitu Educational Design Research (EDR). Yeti menyampaikan dalam metodologi DDR memiliki tiga core yaitu guru, siswa, dan materi.

Kuliah umum yang dimoderatori oleh Dr. B. Widharyanto dosen MPBSI USD ini diakhiri dengan diadakannya sesi tanya jawab. Mahasiswa maupun dosen terlihat antusias dalam sesi tanya jawab ini. Banyak ilmu yang didapatkan oleh para mahasiswa untuk bekal dalam mempersiapkan pembuatan skripsi maupun tesis mereka.

(PI & ADT)

  kembali