USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Sharing Moment dan Malam Keakraban MPBI USD Angkatan 2018

diupdate: 5 tahun yang lalu



Kegiatan sharing moment merupakan salah satu agenda rutin program studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) Universitas Sanata Dharma (USD) di setiap semesternya.  Kegiatan ini merupakan sebuah wadah di mana para dosen bertemu secara intensif dengan para mahasiswa untuk membicarakan baik hal-hal akademik maupun non akademik. Kegiatan sharing moment inipun juga turut diselenggarakan bagi para mahasiswa MPBI angkatan 2018.

Pada hari Sabtu-Minggu, 23-24 Februari 2019, dua puluh (20) mahasiswa MPBI USD angkatan 2018 bersama Bapak Concilianus Laos Mbato, M.A., Ph.D.; Markus Budiraharjo, Ed.D.; dan Barli Bram, Ph.D.  berkumpul bersama dalam kegiatan rutin sharing moment dan malam keakraban di Griya Anugrah Sejahtera di Maguwoharjo.

Kegiatan sharing moment  dan  malam keakraban ini merupakan agenda sharing moment yang pertama bagi para mahasiswa MPBI angkatan 2018.  Dalam kegiatan selama dua hari, diadakan beberapa sesi diskusi dan sharing mahasiswa MPBI angkatan 2018 bersama para dosen. Sesi pertama, para dosen MPBI memaparkan secara lebih detail seluruh kegiatan dan target akademik yang harus dicapai selama para mahasiswa berkuliah di MPBI kemudian dilanjutkan dengan pemberian motivasi kepada para mahasiswa agar bisa melalui semua proses kegiatan akademik dan non akademik di MPBI dengan lancar, bersemangat, dan dapat selesai dengan tepat waktu.

Sesi bersama dosen pun dilanjutkan dengan sesi sharing mahasiswa di mana setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk menceritakan motivasi awal memutuskan untuk bergabung dengan program studi MPBI dan bagaimana proses kuliah mereka di MPBI sejauh ini beserta segala tantangan dan kesulitan yang dihadapi. Setelah semua mahasiswa mendapatkan waktu berbagi cerita, sesi ini pun ditutup dengan penguatan oleh Bapak Concilianus Laos Mbato, M.A., Ed.D. selaku Ketua Program Studi MPBI.

Di samping sesi berbincang dengan para dosen MPBI, kegiatan sharing moment dan malam keakraban mahasiswa MPBI angkatan 2018 ini juga turut diperkaya dengan sesi sharing intern antar mahasiswa. Agar sesi sharing dan bercerita tidak menjadi membosankan, sesi ini dikemas dalam berbagai macam permainan yang melibatkan penggunaan musik, properti, dan kecepatan mahasiswa dalam bermain permainan tersebut.

Untuk menutup seluruh kegiatan hari pertama sharing moment dan malam keakraban, para mahasiswa menghabiskan waktu bersama dalam acara BBQ sampai larut malam. Keesokan harinya, acara sharing moment dan malam keakraban ini dilanjutkan dengan sesi diskusi tentang seluruh kegiatan akademik dan non-akademik di MPBI. Di sesi ini, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk memberikan masukan, komentar, dan saran yang berkaitan dengan proses perkuliahan, materi perkuliahan, para pengajar, dan kegiatan-kegiatan non akademik yang selama ini telah dilaksanakan secara rutin oleh program studi MPBI. Sesi diskusi yang menjadi sesi penutup acara sharing moment dan  malam keakraban ini menjadi salah satu sesi yang paling penting karena para mahasiswa pun juga mempunyai andil yang besar dalam perkembangan program studi MPBI ke depan.

Seluruh rangkaian acara sharing moment dan malam keakraban MPBI angkatan 2018 ini berakhir pada Minggu siang. Para mahasiswa yang mengikuti acara ini merasa senang dan bersyukur dapat mengikuti agenda rutin program studi ini karena selain bisa mendapatkan penguatan motivasi kuliah dari para dosen, para mahasiswa juga bisa merasa lebih dekat dan akrab satu sama lain, mengingat mahasiswa MPBI angkatan 2018 ini berasal dari berbagai macam daerah dari dalam dan luar pulau Jawa. Para mahasiswa pun merasa lebih siap dan mantab untuk melanjutkan proses perkuliahan mereka di program studi MPBI terutama di semester dua ini.

(mdr)

  kembali