USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Temu Komunitas Student Residence USD di Awal Semester Genap 2019

diupdate: 5 tahun yang lalu

Kegiatan rutin setiap hari Jumat pada minggu ke-2 di Student Residence Universitas Sanata Dharma (USD) adalah pertemuan komunitas. Di awal semester genap 2019, pertemuan komunitas dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Februari 2019 bertempat di Hall Barat Student Residence yang dihadiri oleh residen reguler, matrikulasi, dan pamong.

Pertemuan komunitas ini dimulai pukul 20.00 WIB, diawali dengan berdoa bersama dan menyanyikan lagu Hymne Sanata Dharma yang dipimpin oleh Maria Mutiara Jelita, mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017. Acara selanjutnya adalah penyampaian sejarah singkat tentang Student Residence oleh Agus Amoye, mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah angkatan 2016, lalu dilanjutkan dengan perkenalan residen reguler angkatan 2018 oleh ketua pengurus komunitas Samuel Hia, mahasiswa program studi Pendidikan Fisika angkatan 2016. Para residen angkatan 2018 adalah mahasiswa program kerjasama Universitas Sanata Dharma dengan berbagai pemerintah daerah seperti Nias Barat, Kalimantan, Mentawai, Papua, dan Nusa Tenggara Timur. Perkenalan selanjutnya oleh residen matrikulasi dari Kabupaten Mappi, Papua. Residen reguler dan matrikulasi menempuh perkuliahan di Universitas Sanata Dharma di program studi yang berbeda-beda, namun dalam satu fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan.

Setelah perkenalan, acara dilanjutkan dengan sosialisasi kegiatan harian di Student Residence di semester genap 2019 oleh Tri Laksono; Sr. Frida, SPM; dan Sr. Beatrix, PRR. Perwakilan pamong menyampaikan bahwa minggu efektif semester genap dimulai pada tanggal 10 Februari 2019. Dengan dimulainya minggu efektif ini, maka peraturan-peraturan dan kegiatan harian di Student Residence akan berlaku. Pamong juga menyampaikan jadwal kegiatan komunitas yang dilaksanakan setiap minggu. Untuk minggu pertama: pertemuan per angkatan dengan pamong masing-masing, minggu kedua: komunitas besar, minggu ketiga: pendampingan rohani, dan minggu keempat: diskusi komunitas. Perwakilan Pamong memberitahukan juga pembagian pamong untuk setiap angkatan. Ketika mahasiswa ingin mengajukan surat izin keluar atau izin menginap, maka mahasiswa bisa meminta izin dengan pamong angkatannya.

Sebelum acara selesai, dilakukan sesi diskusi bersama. Diskusi berlangsung dengan lancar dan kondusif. Pertanyaan disampaikan oleh residen matrikulasi dari Kabupaten Mappi dan ditanggapi dengan baik oleh pamong. Dari pihak pamong dan pengurus komunitas mengharapkan dengan dimulainya semester genap 2019, seluruh residen bisa mengikuti dan mematuhi peraturan serta kegiatan harian di Student Residence. Acara diakhiri dengan membawakan lagu “Rumah Kita” oleh pengurus komunitas dan ditutup dengan doa bersama.

(ARG)

  kembali