USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Upaya Kelompok KKN USD Tingkatkan Kesadaran Pendidikan bagi Siswa

diupdate: 8 bulan yang lalu


Jumat 18 Januari 2019 Kelompok 42 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan program penyuluhan kesadaran pendidikan bertempat di SMK N 1 Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Adapun kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesadaran para remaja di Kecamatan Gedangsari, secara khusus para siswa SMK N 1 Gedangsari agar memiliki niat melanjutkan pendidikannya hingga jenjang yang lebih tinggi, yang secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas hidup. Materi kegiatan yang berlangsung di SMK N 1 Gedangsari ini dibawakan oleh salah satu dosen program studi Bimbingan dan Konseling USD yakni Bernardinus Agus Arswimba, M.Pd.

Pada kesempatan tersebut, Bernardinus Agus Arswimba, M.Pd. memberikan materi-materi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, para siswa juga dibangkitkan semangat dan motivasinya menggunakan video-video yang menarik. Pada akhir materi motivasi, Agus menegaskan bahwa pendidikan tidak hanya terkait sebuah gelar tetapi impian yang terkandung di dalamnya. Ia juga mengajak para siswa SMK N 1 Gedangsari untuk meningkatkan kualitas hidup lewat pendidikan terlebih pada era revolusi industri 4.0.

Selanjutnya, setelah diberikan pemahaman mengenai pentingnya pendidikan, para siswa tersebut diberikan informasi terkait program studi yang ada di Universitas Sanata Dharma. Informasi yang disampaikan oleh Petugas PMB & Promosi USD diharapkan dapat menjadi salah satu referensi para siswa untuk melanjutkan sekolah.

Selain itu, melalui kegiatan ini juga dilakukan diskusi tentang saran dan masukan untuk meningkatkan kemauan belajar dan bagaimana agar sukses menjalani kehidupan perkuliahan nantinya. Kegiatan ini berlangsung dengan sangat antusias, hal ini dapat dilihat dari respon guru dan siswa yang sangat tertarik untuk bertanya dengan para pembicara. Para siswa juga menyatakan melalui kegiatan ini, mereka menjadi semakin yakin untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi agar dapat mewujudkan cita-cita serta membahagiakan keluarga.
(FEJL & KCIP)

  kembali