USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Menengok Rumah Metamorfosis, Sarana Pembelajaran dan Edukasi Konservasi Kupu-Kupu di Kampus III



Di sudut kampus III USD, nampak puluhan siswa sekolah dasar sedang asyik mengamati proses metamorfosis kupu-kupu. Mereka adalah siswa Yogyakarta Independent School (YIS) yang pada hari itu berkunjung ke Rumah Metamorfosis di Kampus III, USD Paingan.
 
Dalam kunjungan tersebut, para siswa dipandu oleh para mahasiswa fasilitator untuk menjelajahi tiga pos edukatif di Rumah Metamorfosis. Di setiap pos, mereka belajar tentang ekosistem Rumah Metamorfosis, perilaku makan larva, dan diet kupu-kupu dewasa. Reaksi para siswa sangat antusias, terutama saat mereka mengamati perilaku makan larva dan kupu-kupu yang hinggap dengan cantiknya di atas potongan buah segar.

Rumah Metamorfosis di Kampus III USD (dok. P.Bio)

Di kesempatan yang lain, belasan siswa dari Science Club SMP Budya Wacana, Yogyakarta, juga berkesempatan mengunjungi Rumah Metamorfosis. Para siswa nampak sangat aktif dalam workshop pembuatan insektarium, di mana mereka belajar tentang teknik perentangan spesimen kupu-kupu dan capung.
 
“Ini adalah pengalaman baru bagi mereka, yang sebelumnya hanya melihat gambar-gambar kupu-kupu,” ungkap Lucy, salah seorang guru pendamping.

“Anak-anak sangat senang dan banyak mendapatkan ilmu baru. Mereka terutama terkesan karena bisa melihat dari dekat Troides helena, salah satu jenis kupu-kupu langka serta proses pembuatan insektarium,” ungkap  Sih Hendri Saptati, S.Pd., guru pendamping Science Club.

Rumah Metamorfosis di Kampus III USD (dok. P.Bio)

Rumah Metamorfosis adalah sebuah fasilitas pembelajaran dan edukasi yang menarik di sudut Kampus III USD Paingan. Sebuah bangunan berbentuk dome yang di dalamnya telah disiapkan susunan ekosistem buatan untuk membangun interaksi antara tanaman inang denganan larva dan imago kupu-kupu. Rumah metamorfosis diangun atas inisiasi Rektorat pada periode 2018-2022, dengan tujuan awal menguatkan kontribusi USD terhadap konservasi dengan fokus pada konservasi kupu-kupu. Saat ini pengelolaan rumah Metamorfosis dibawah Laboratorium Biologi Prodi Pendidikan Biologi FKIP USD.

Selain kupu-kupu, di dalam umah metamorfosis ini terdapat pula berbagai tumbuhan bunga-bunga maupun tumbuhan lainnya yang disesuaikan dengan pakan alami dari ulat dan kupu. Saat ini rumah metamorfosis USD telah mampu melakukan konservasi terhadap 4 spesies kupu-kupu hingga mengalami metamorfosis sempurna di tempat ini.

Rumah Metamorfosis di Kampus III USD (dok. P.Bio)
 
Troides helena merupakan kupu-kupu koleksi unggulan yang berhasil diperbanyak dalam rumah kupu-kupu USD dengan corak warna hitam pada sayap atas dan warna kuning terang dengan titik hitam pada sayap bawahnya. Saat ini Troides helena terdaftar dalam kategori satwa yang terancam dari kepunahan menurut IUCN (International Union For Conservation of nature) serta satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20 tahun 2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi.

Kepala Laboratorium Biologi USD, Puspita Ratna Susilawati, M.Sc., menyampaikan bahwa pentingnya kupu-kupu dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Rumah Metamorfosis di Kampus III USD (dok. P.Bio)
 
“Kupu-kupu tidak hanya indah, tetapi juga merupakan indikator penting kesehatan lingkungan dan agen kunci dalam proses penyerbukan,” ujar Puspita.

Bagi mahasiswa USD, rumah metamorfosis adalah fasilitas yang dapat dimanfaat dalam pembelajaran materi konservasi. Selain itu, mahasiswa juga dapat melakukan penelitian mandiri terhadap kupu-kupu maupun mengembangkan kecintaan terhadap kupu-kupu melalui kelompok studi kupu-kupu (KSK).

Rumah Metamorfosis di Kampus III USD (dok. P.Bio)

Fasilitas pembelajaran dan edukasi ini juga terbuka untuk sekolah dan masyarakat umum. Dalam rangka mempromosikan gerakan konservasi kepada masyarakat umum, rumah metamorfosis menyediakan sarana edukasi melalui kunjungan yang didesain dengan menarik serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung seperti yang sudah dilakukan pada kunjungan SD Kanisius Kembaran, SMP Budya Wacana dan Yogyakarta Independent School di awal tulisan ini.

Di tempat ini, setiap pengunjung, diajarkan untuk mengembangkan pengetahuan dan menjadi pelopor dalam upaya pelestarian lingkungan.

Jika Anda berminat untuk berkunjung dan belajar di fasilitas yang menarik ini, silakan mengirim surat permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Laboratorium Biologi, Prodi Pendidikan Biologi USD atau melalui email ke kalabbiologi@usd.ac.id.
 
***

Penulis: 
Hendra Michael Aquan
Ratna Susilawati
Christo Ray

Editor:
Antonius Febri Harsanto
 
 

  kembali