www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
Bahasa Indonesia  English Version 
HOME TENTANG USD PENDAFTARAN AKADEMIK
  WAPsite Mail USD      Kontak
 :: Pendaftaran
International Student

PENDAHULUAN

Yang disebut mahasiswa asing adalah semua yang tidak berkewarganegaraan Indonesia (termasuk Timor Leste).

Mahasiswa asing terbagi menjadi  2 (dua) jenis:

1.   Mahasiswa reguler (untuk program S1 dan S2)

2.  Mahasiswa non-reguler (untuk program ILCIC – Indonesian Language and Culture Intensive Course, Darmasiswa, KKN Internasional, KKP Internasional, SLP – Service Learning Program, Visiting Student dan Exchanged Student)

Calon mahasiswa asing reguler tidak perlu melalui tes seleksi seperti mahasiswa reguler non-asing. Seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor dan ijasah yang bersangkutan di tingkat prodi. Hanya calon mahasiswa yang memenuhi syarat akademik dan bahasa sesuai dengan standar yang ditetapkan prodi yang lolos seleksi. Calon mahasiswa asing juga harus bersedia mematuhi peraturan pendidikan yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan USD.

PROSEDUR PENDAFTARAN MAHASISWA ASING REGULER

Pendaftaran dari negara asal

·  Membeli formulir pendaftaran dengan cara mentransfer US$ 20 (di luar biaya transfer) ke:

Bank                   : CIMB NIAGA

Nama                  : Universitas Sanata Dharma

No Rekening        : 287.01.00272.00.5

Swift code            : BNIAIDJA

·  Mengunduh formulir pendaftaran disini

·  Melengkapi formulir dengan dokumen-dokumen sebagai berikut:

  1. fotokopi rapor, ijasah, atau semua transkrip akademik yg telah dilegalisir sekolah asal
  2. fotokopi paspor dan visa yang masih berlaku untuk jangka waktu yang diperlukan untuk studi di Indonesia
  3. 4 pasfoto berwarna terbaru (latar belakang merah) ukuran 4x6
  4. financial guarantee statement (formulir dari USD, dapat diunduh  disini), dilampiri bank statement, yang menyatakan bahwa calon mahasiswa mampu membiayai studinya di USD
  5. law and employment declaration (formulir dari USD, dapat diunduh melalui disini), yang menyatakan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan tidak akan bekerja dan akan mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia
  6. surat rekomendasi dari sekolah asal
  7. surat keterangan kesehatan dari dokter yang menyatakan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan bebas dari penyakit menular dan berbahaya dan mampu mengikuti semua kegiatan perkuliahan di USD

·  Mengirim formulir yang telah diisi beserta seluruh dokumen pendukung, dan bukti transfer asli pembelian formulir pendaftaran melalui pos atau email ke:

BKHLN (Biro Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri)

Gedung Pusat Universitas Sanata Dharma lt.1

Jl Affandi, Mrican

Yogyakarta 55281

Tel: +62 274 518910 ext 1230 or 1227

Fax: +62 274 562383

Email: kabkhln@staff.usd.ac.id

CC: bkhln.usd@gmail.com

 

Pendaftaran di USD

· Membeli formulir pendaftaran di Bank CIMB Niaga atau Bank Rakyat Indonesia di USD Jl. Affandi Mrican Yogyakarta seharga US$ 20. Pembayaran bisa menggunakan rupiah yang setara dengan US$ 20 (otomatis dihitung sesuai kurs hari itu oleh bank). Formulir bisa diambil di Staf Pendaftaran Mahasiswa Baru.

·  Mengisi formulir pendaftaran

·  Melengkapi formulir dengan dokumen-dokumen sebagai berikut:

  1. fotokopi rapor, ijasah, atau semua transkrip akademik yg telah dilegalisir sekolah asal
  2. fotokopi paspor dan visa yang masih berlaku untuk jangka waktu yang diperlukan untuk studi di Indonesia
  3. 4 pasfoto berwarna terbaru (latar belakang merah) ukuran 4x6
  4. financial guarantee statement (formulir dari USD), dilampiri bank statement, yang menyatakan bahwa calon mahasiswa mampu membiayai studinya di USD
  5. law and employment declaration (formulir dari USD), yang menyatakan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan tidak akan bekerja dan akan mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia
  6. surat rekomendasi dari sekolah asal
  7. surat keterangan kesehatan dari dokter yang menyatakan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan bebas dari penyakit menular dan berbahaya dan mampu mengikuti semua kegiatan perkuliahan di USD

· Mengembalikan formulir yang telah diisi beserta seluruh dokumen pendukung, dan bukti asli pembelian formulir pendaftaran ke Sekretariat Pendaftaran

 

Catatan

  • Seluruh dokumen yang tidak menggunakan baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris melalui lembaga yang sah.
  • Semua dokumen elektronik harus disimpan dalam format yang bisa diunggah, seperti pdf, doc atau rtf text files atau jpg image files. Ukuran maksimal dokumen adalah 2.5mb per dokumen.
  • Begitu lolos seleksi, calon mahasiswa akan menerima Letter of Acceptance dari USD. Calon mahasiswa harus segera meminta surat rekomendasi untuk studi di USD dari Kedutaan Besar Republik Indonesia atau Konsulat terdekat (dengan melampirkan acceptance letter), dan mengirimkan surat rekomendasi tersebut ke USD untuk syarat pengajuan surat ijin belajar ke Dirjen DIKTI sebagai bagian dari pengurusan Visa Studi (VITAS).
  • Setelah diterima menjadi mahasiswa, mahasiswa asing reguler mentransfer uang sejumlah Rp 3.250.000 (di luar biaya transfer) ke rekening USD u.p. BKHLN untuk pengurusan VITAS, konversi VITAS ke KITAS dan administrasi imigrasi. Khusus untuk mahasiswa Timor Leste, kepengurusan Visa tidak melalui BKHLN, tetapi melalui organisasi khusus Timor Leste yang bernama AEITIL, sehingga tidak perlu membayar ke USD.

 

PROSEDUR PEMROSESAN VISA STUDI

Pemerintah Republik Indonesia tidak menerbitkan visa studi seperti yang diterbitkan negara lain. Untuk belajar di Indonesia, ada dua macam Visa yang dapat digunakan, yaitu VITAS (indeks 316) dan VKSB (indeks 211).

 

VITAS – Visa Ijin Tinggal Terbatas (indeks 316)

Calon mahasiswa asing jalur reguler atau non-reguler yang akan belajar di USD selama 6 bulan atau lebih, diwajibkan untuk menggunakan Visa Ijin Tinggal Terbatas (VITAS) yang kemudian dikonversi menjadi Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS). KITAS ini berlaku selama 1 tahun (12 bulan) dan dapat diperpanjang tiap tahun, sesuai dengan lama studi di Indonesia. Untuk mendapatkan VITAS yang berlaku 1 tahun, calon mahasiswa asing harus memastikan bahwa masa berlaku paspornya tidak kurang dari 18 bulan. Paspor yang masa berlakunya kurang dari 18 bulan harus diperbaharui dulu sebelum mengajukan visa.

 

Prosedur aplikasi:

  1. Mahasiswa mendaftar ke USD melalui jalur reguler atau non-reguler.
  2. Mahasiswa menerima Letter of Acceptance dari USD.
  3. Mahasiswa membayar biaya pengurusan visa dan dokumen keimigrasian ke BKHLN melalui rekening USD, sebesar Rp. 3.250.000 (hanya dibayarkan sekali di awal).
  4. Mahasiswa meminta surat rekomendasi studi ke Kedutaan Besar Indonesia atau Konsulat Indonesia yang terdekat dari tempat tinggal asalnya dengan melampirkan Letter of Acceptance dari USD, dan mengirimkan surat rekomendasi tersebut ke BKHLN.
  5. BKHLN mengajukan surat permohonan ijin belajar ke Dirjen DIKTI Jakarta.
  6. BKHLN mengajukan surat permohonan VITAS ke Kantor Imigrasi wilayah Jakarta.
  7. BKHLN mengirimkan surat persetujuan dari DIKTI dan Dirjen Imigrasi ke mahasiswa, dan ke Kedutaan yang terdekat dari tempat tinggal asal mahasiswa.
  8. Mahasiswa mengambil VITASnya (untuk studi akan mendapatkan VITAS indeks 316) di Kedutaan atau Konsulat Indonesia terdekat, dan masuk ke Indonesia dengan VITAS.
  9. Mahasiswa melapor ke BKHLN untuk diproses konversi dari VITAS ke KITAS ke Kantor Imigrasi Yogyakarta (maksimal 7 hari setelah tiba di Indonesia)
  10. BKHLN melaporkan keberadaan mahasiswa ke POLDA DIY untuk mendapat Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD)

Proses ini memakan waktu kurang lebih 3 bulan.

 

Rincian biaya:

1. Biaya pengurusan visa dan dokumen keimigrasian sebesar Rp.3.250.000 di awal, mencakup:

  • Pengajuan ijin belajar ke Dirjen DIKTI Jakarta  Rp. 1.500.000
  • Pengalihan VITAS ke KITAS ke Kanim DIY  Rp. 1.250.000                      
  • Pelaporan ke POLDA DIY untuk mendapatkan SKLD Rp. 100.000                  
  • Administrasi (formulir, fotokopi, materai, transportasi, dll) Rp. 400.000

2.  Biaya pengambilan VITAS di Kedubes Republik Indonesia negara asal US$ 110

KITAS hanya berlaku 12 bulan dan dapat diperpanjang per tahun sesuai dengan masa studi mahasiswa di Indonesia. Proses perpanjangan KITAS sama dengan proses pembuatan KITAS baru, dan harus dilakukan 2 (dua) bulan sebelum masa berlaku KITASnya habis. Untuk memperpanjang KITAS, mahasiswa harus mengajukan permohonan ijin belajar yang baru ke Dirjen DIKTI Jakarta.

Prosedur Perpanjangan Ijin Belajar:

  1. Mahasiswa melapor ke BKHLN untuk perpanjangan ijin belajar.
  2. BKHLN mengajukan surat permohonan ijin belajar ke Dirjen DIKTI Jakarta
  3. Setelah surat dari DIKTI terbit, BKHLN mengajukan permohonan perpanjangan KITAS ke Kanim DIY.
  4. Setelah KITAS terbit, BKHLN mengajukan permohonan perpanjangan Surat Keterangan Lapor Diri ke POLDA.

Rincian biaya Perpanjangan Ijin Belajar:

  1. Pengajuan perpanjangan ijin belajar ke Dirjen DIKTI Jakarta Rp. 1.500.000  
  2. Pengajuan perpanjangan KITAS ke Kanim DIY Rp. 1.250.000                      
  3. Pengajuan perpanjangan SKLD ke POLDA Rp.  100.000                   
  4. Administrasi (formulir, fotokopi, materai, transportasi, dll) Rp. 150.000

 

VKSB – Visa Kunjungan Sosial Budaya (indeks 211)

Bagi mahasiswa asing yang akan belajar kurang dari 6 bulan melalui jalur non-reguler, dapat menggunakan Visa Kunjungan Sosial Budaya (VKSB) dengan indeks 211. VKSB berlaku 30 hari atau 60 hari, dan dapat diperpanjang hingga 4 kali di Kantor Imigrasi setempat.


VKSB dapat digunakan untuk orang asing yang akan melakukan kegiatan :

 

  1. Belajar kurang dari 6 bulan
  2. Sit in di prodi kurang dari 6 bulan
  3. Kunjungan singkat, misalnya untuk keperluan seminar sebagai pembicara maupun peserta seminar (dosen dan mahasiswa), dosen tamu, visiting students and faculty members, dan sejenisnya.
  4. Studi banding
  5. Studi Pustaka

 

Prosedur Pembuatan Visa Kunjungan Sosial Budaya (index Visa 211):

1. Mahasiswa mendaftar ke USD melalui jalur non-reguler.

2.  Mahasiswa memberikan kelengkapan data yang berisi:

  • Nama sesuai paspor
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Alamat tinggal di Luar Negeri
  • Nomer Paspor
  • Tgl. Paspor dikeluarkan
  • Tgl.masa berlaku paspor
  • Alamat dan Nomer Fax. kedutaan/konjen RI di LN (tempat Visa akan diambil)
  • Tanggal mulai belajar di USD
  • Lama masa belajar di USD

3. Mahasiswa menerima Letter of Acceptance dari USD.

4. BKHLN membuat surat permohonan VKSB ke KBRI/Konjen tempat calon Mahasiswa akan mengajukan Visanya (dikirim via fax).

5. Mahasiswa mengisi form VKSB di KBRI atau Konjen RI terdekat dan membayar biaya visa sebesar US$65. (Biaya visa bisa bervariasi tergantung KBRI masing-masing negara)

6. Setelah mahasiswa masuk ke Indonesia dengan VKSB, visa tersebut berlaku sejak tanggal stempel yang dikeluarkan petugas imigrasi di bandara di Indonesia.

7. Masa berlaku visa sesuai dengan stempel yg diberikan oleh petugas imigrasi bandara pada waktu kedatangan (30 hari atau 60 hari).

Prosedur Perpanjangan VKSB:

1. Mahasiswa mengajukan perpanjangan VKSB ke BKHLN 1 minggu sebelum masa berlaku habis.

2. Mahasiswa melengkapi syarat yg diperlukan untuk perpanjangan VKSB, yaitu :

  • Departure card (kartu putih).
  • Paspor asli.
  • Fotokopi tiket pesawat/itinerary.
  • Pasfoto terbaru ukuran 3x4 dan 2x3, masing masing 4 lembar (latar belakang merah).

3. BKHLN mengajukan perpanjangan ijin tinggal (berlaku 30 hari) ke Kantor Imigrasi DIY.

4. Setelah diperpanjang di Kanim DIY, VKSB berganti status menjadi Ijin Tinggal.

5. Ijin tinggal ini dapat diperpanjang sebanyak 4 kali (masing-masing ijin tinggal berlaku 30 hari). Total menjadi 6 bulan.

 

Rincian biaya Perpanjangan VKSB:

  1. Pengajuan perpanjangan Ijin tinggal di Kanim DIY (untuk perpanjangan II, dan IV)  Rp. 300.000
  2. Pengajuan perpanjangan Ijin tinggal di Kanim DIY (untuk perpanjangan III, dan V) Rp. 350.000 (karena ada biaya foto, finger print dan kartu Pengontrolan Orang Asing)
  3. Untuk Ijin Tinggal yg diperpanjang kurang dari 7 hari, terkena biaya overstay sebesar US$20/hari

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma
© 2014 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.197.189.165: - 2055.3 ms  |   23 user(s) online