Hendra Kurniawan. (2014).
"Dampak Sistem Tanam Paksa terhadap Dinamika Perekonomian Petani Jawa 1830-1870"
11, 2, September 2014 The Indonesian Social Studies Scholars Association (HISPISI) in cooperation with Faculty of Social Sciences Yogyakarta State University Nomor: e-ISSN 2549-9475, p-ISSN 1829-5797. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Hendra Kurniawan. (2014).
"Mengkritisi Sumber Belajar Sejarah Peristiwa 1965: Antara Kepentingan Politik dan Ilmiah"
28, 1, April 2014 Nomor: 0215-8809. Historia Vitae
Hendra Kurniawan. (2014).
"Nyai dalam Pergundikan: Pendorong Munculnya Kaum Indo di Hindia Belanda"
28, 2, Oktober 2014 Nomor: 0215-8809. Historia Vitae
Hendra Kurniawan. (2014).
"Peran Etnis Tionghoa pada Masa Pergerakan Nasional: Kajian Pengembangan Materi Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas"
18, 1, November 2014 Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Nomor: 1410-5071. Jurnal Penelitian
Hendra Kurniawan. (2017).
"Afrika Maghribi dalam Akulturasi: Pengaruh Dinamika Perdagangan Antarkerajaan Lama di Afrika Utara"
31, 1, April 2017 Universitas Sanata Dharma Nomor: 0215-8809. Historia Vitae
Hendra Kurniawan. (2017).
"Democratic Education Through History Learning Using Social History Teaching Materials"
1, 2, July 2017 Sanata Dharma University, Yogyakarta, Indonesia Nomor: e-ISSN 2548-8430, p-ISSN 2548-8422. International Journal of Indonesian Education and Teaching (IJIET)
Hendra Kurniawan. (2017).
"Potehi in New Order's Restraint: The Lost of Inheritor Generation of Chinese Wayang Culture"
1, 1, September 2017 Institute for Research and Community Services Nomor: e-ISSN 2597-4718, p-ISSN 2597-470X. International Journal of Humanity Studies (IJHS)
Hendra Kurniawan. (2017).
"The Role of Chinese in Coming of Islam to Indonesia: Teaching Materials Development Based on Multiculturalism"
27, 2, September 2017 Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang bekerja sama dengan Masyarakat Sejarawan Indonesia Nomor: ISSN: 0854-0039, E-ISSN: 2407-5825. Paramita: Historical Studies Journal
Hendra Kurniawan. (2018).
"Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Sejarah"
32, 1, April 2018 Universitas Sanata Dharma Nomor: 0215-8809. Historia Vitae
Hendra Kurniawan. (2020).
"Ethnic Chinese During The New Order: Teaching Materials Development for History Learning Based on Multiculturalism"
30, 1, Maret 2020 Department of History, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Semarang in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (Indonesian Historical Society) Nomor: ISSN: 0854-0039, e-ISSN:2407-5825. Paramita: Historical Studies Journal
Hendra Kurniawan. (2020).
"Infografik Sejarah dalam Media Sosial: Tren Pendidikan Sejarah Publik"
14, 2, Desember 2020 Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang Nomor: Print ISSN: 1979-9993; Online ISSN: 2503-1147. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya
Hendra Kurniawan. (2020).
"Pageblug dan Perilaku Irasional di Vorstenlanden Abad XIX "
46, 2, Desember 2020 LIPI Nomor: ISSN 0125-9989, E-ISSN 2502-5694. Masyarakat Indonesia
Hendra Kurniawan. (2020).
"Pelatihan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu Bantul"
3, 1, April 2020 Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Nomor: e-ISSN 2620-5513, p-ISSN 2620-5505. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Hendra Kurniawan. (2021).
"Paradigma Baru Pendidikan Sejarah dalam Merdeka Belajar-Kampus Merdeka"
4, 2, 2021 Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang Nomor: 2622-1837. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia
Hendra Kurniawan. (2021).
"Tingkat Literasi Multikultural Mahasiswa Pendidikan Sejarah dalam Memahami Materi Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia"
11, 1, Januari 2021 Universitas PGRI Madiun Nomor: p-ISSN: 2087-8907; e-ISSN: 2052-2857. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya
Hendra Kurniawan. (2023).
"Critical Discourse of the Chinese Rebellion in Indonesian History Textbook"
Vol. 23, No. 2, Bulan Desember 2023 Universitas Negeri Padang Nomor: p-ISSN 1411-1764; e-ISSN 2620-9446. Diakronika
Hendra Kurniawan. (2023).
"Edukasi Sejarah Publik Melalui Media Sosial pada Era 4.0 bagi Siswa SMA di Yogyakarta"
14, 1, 2023 LPPM Universitas PGRI Semarang Nomor: ISSN 2087-3565 (Print) dan ISSN 2528-5041 (Online). E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat)
Hendra Kurniawan. (2023).
"From Integration to Marginalization: Representation of the Chinese in History Textbooks in Indonesia "
12, 2, June 2023 Hipatia Press Nomor: 2014-3567. Historia Social y de la Educacion (HSE)-Social and Education History
Hendra Kurniawan. (2023).
"Public History of Chinese-Javanese Harmony in Yogyakarta for History Learning with Diversity Insights"
33, 1, Maret 2023 Universitas Negeri Semarang Nomor: P-ISSN: 0854-0039, E-ISSN: 2407-5825. Paramita: Historical Studies Journal
Hendra Kurniawan. (2023).
"Representasi Tionghoa dalam Buku Teks Sejarah Indonesia pada Materi Masa Hindu-Buddha: Analisis WAcana Kritis"
6, 2, Oktober 2023 Universitas Pendidikan Indonesia Nomor: p-ISSN: 2620-4789; e-ISSN: 2615-7993. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah
Hendra Kurniawan. (2013).
"Hendra Kurniawan. (2013).
"POLITICAL PARTICIPATION OF THE TIONGHOA PEOPLE AS A FORM DEMOCRACY DEVELOPMENT IN INDONESIA: TRACES JOURNEY OF TIONGHOA HISTORY IN POST-NEW ORDER NATION"
Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta Nomor: ISBN. 978-602-7561-81-9. International Seminar: Islam, Atjeh, and Development Democracy in Indonesia
Hendra Kurniawan. (2016).
"Hendra Kurniawan. (2016).
"Menempatkan Sejarah Tionghoa dalam Ruang Kurikulum Sejarah Indonesia yang Berbasis Multikulturalisme"
Tim Penerbit Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta Universitas Negeri Yogyakarta Nomor: 978-602-60420-0-2. Seminar Nasional Program Studi Sejarah Se-Indonesia: Kajian Muatan dan Posisi Mata Pelajaran Sejarah di Kurikulum 2013
Hendra Kurniawan. (2017).
"Hendra Kurniawan. (2017).
"Pembelajaran Sejarah yang Indonesiasentris: Reformulasi Bahan Ajar Sejarah Berbasis Kebinekaan"
Ombak Kerjasama antara Kemendikbud, MSI, PPSI, dan UGM Nomor: 978-602-258-480-3. Peringatan 60 Tahun Seminar Sejarah Nasional, 1957-2017 Sejarah untuk Kebinekaan dan Keindonesiaan: Refleksi 60 Tahun Seminar Sejarah Indonesia
Hendra Kurniawan. (2017).
"Hendra Kurniawan. (2017).
"Pengembangan Media Audio Visual Sejarah Lokal Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Sejarah Indonesia bagi Siswa SMA di Yogyakarta"
Sanata Dharma University Press Universitas Sanata Dharma Nomor: 978-602-5607-08-0. Seminar Nasional Sejarah Indonesia: Cerdas dan Humanis di Era Digital
Hendra Kurniawan. (2021).
"Hendra Kurniawan. (2021).
"Cura Personalis in Creative Pedagogy: Mining the Meaning of History Learning in the Digital Era"
Atlantis Press Universitas Negeri Semarang Nomor: 978-94-6239-433-9. The 6th International Conference on Education & Social Sciences (ICESS 2021)
Hendra Kurniawan. (2021).
"Hendra Kurniawan. (2021).
"Teacher's Response to the Narrative of The Chinese Rebellion in Indonesian History Textbook"
Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia Nomor: 978-602-53954-3-1. The 6th International Seminar on Social Studies and History Education (ISSSHE) 2021
Hendra Kurniawan. (2022).
"Hendra Kurniawan. (2022).
"Content Analysis of The Little Nyonya for Learning Resources in History Education"
Routledge Universitas Negeri Malang Nomor: 9781003295273. International Conference on History, Social Sciences, and Education (ICHSE 2021)
Hendra Kurniawan. (2018).
"Kajian Kurikulum dan Bahan Ajar Sejarah SMA Menurut Kurikulum 2013"
Sanata Dharma University Press Nomor: 978-602-5607-31-8.
Hendra Kurniawan. (2018).
"Literasi dalam Pembelajaran Sejarah"
CV Gava Media Nomor: 978-602-5568-42-8.
Hendra Kurniawan. (2018).
"Mosaik Afrika: Kapita Selekta Afrika dalam Sejarah"
CV Jejak Nomor: 978-602-474-075-7, e-ISBN: 978-602-474-076-4.
Hendra Kurniawan. (2019).
"Benua Hitam: Sejarah Afrika dari Abad Kuno sampai Kontemporer"
Sanata Dharma University Press Nomor: 978-602-5607-88-2, EAN 9-786025-607882.
Hendra Kurniawan. (2019).
"Pembelajaran Literasi Menuju Society 5.0"
Penerbit Deepublish Nomor: 978-623-02-0323-7.
Hendra Kurniawan. (2020).
"Catatan Pinggir Mosaik Afrika : Tanggapan terhadap Kumpulan Tulisan Mosaik Afrika"
CV Jejak Nomor: 978-623-247-102-3, 978-623-247-103-0 (PDF).
Hendra Kurniawan. (2020).
"Kepingan Narasi Tionghoa Indonesia: The Untold Histories"
PT Kanisius Nomor: 978-979-21-6392-6.
Hendra Kurniawan. (2020).
"Pembelajaran Era 4.0: Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter, Keterampilan Abad 21, HOTS, dan Literasi dalam Perspektif Merdeka Belajar"
Media Akademi Nomor: 978-602-5584-57-2.
Hendra Kurniawan. (2021).
"Guru Merdeka: Pusparagam Imaji Mahasiswa tentang Mengelola Kelas di Era 4.0"
CV Jejak Nomor: 978-623-338-384-4, 978-623-338-385-1 (PDF; edisi digital, 2021).
Hendra Kurniawan. (2021).
"Nostalgia Tiga Dekade: Remah Sejarah Publik 1970 sampai 1990-an"
Penerbit Lakeisha Nomor: 978-623-6322-83-3.
Hendra Kurniawan. (2023).
"Tionghoa dalam Pendidikan Sejarah di Indonesia: Analisis Wacana Kritis Buku Teks"
PT Kanisius Nomor: 978-979-21-7824-1.
Hendra Kurniawan. (2015).
"Kritik Etis Perilaku Akademisi: Mendorong Cinta akan Kebenaran di Tengah Dilema Moral"
Sanata Dharma University Press Nomor: 978-602-0830-23-0. Manusia Pembelajar di Dunia Tarik Ulur: Tanggapan terhadap Pandangan M. Sastrapratedja tentang Pendidikan sebagai Humanisasi
Hendra Kurniawan. (2015).
"Lagu Itu Jadi Saksi Sejarah"
No. 257 Th. Ke-69. Harian Bernas
Hendra Kurniawan. (2015).
"Lebaran dan Jalur Selatan"
No. 197 Th. Ke-69. Harian Bernas
Hendra Kurniawan. (2015).
"Lebaran dan Petasan"
Edisi 2.518. Harian Jogja
Hendra Kurniawan. (2014). "PERAN ETNIS TIONGHOA PADA MASA PERGERAKAN NASIONAL: KAJIAN PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS"
Hendra Kurniawan. (2015). "ETNIS TIONGHOA PADA MASA ORDE BARU: KAJIAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS MULTIKULTURALISME"
Hendra Kurniawan. (2016). "PENGUATAN TEORI PERAN TIONGHOA DALAM PENYEBARAN ISLAM DI JAWA ABAD XV-XVI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MULTIKULTURALISME"
Hendra Kurniawan. (2016). "PENULISAN BUKU TEKS MATA KULIAH PENGELOLAAN KELAS BERBASIS PEDAGOGI IGNASIAN"
Hendra Kurniawan. (2017). "PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SEJARAH LOKAL BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BAGI SISWA SMA DI YOGYAKARTA"
Hendra Kurniawan. (2019). "TINGKAT LITERASI MULTIKULTURAL MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH DALAM MEMAHAMI MATERI SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA"
Hendra Kurniawan. (2020). "KEPINGAN NARASI TIONGHOA INDONESIA: STUDI SEJARAH SOSIAL MASYARAKAT TIONGHOA INDONESIA SEBAGAI SUMBER RUJUKAN BAHAN AJAR SEJARAH DI SMA"
Hendra Kurniawan. (2020). "MENGUAK FAKTA DI BALIK MITOS: ASPEK-ASPEK IRASIONAL DALAM FENOMENA PANDEMI DI TANAH JAWA (Tema Khusus Covid-19)"
Hendra Kurniawan. (2013). "PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 BAGI GURU-GURU DI KABUPATEN BANTUL" SMA PL ST. LOUIS X SEDAYU, BANTUL, DIY
Hendra Kurniawan. (2015). "Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru-Guru SD Negeri di Kecamatan Mungkid Magelang" SD Negeri Mungkid 1 Magelang
Hendra Kurniawan. (2016). "Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru di SMP Kanisius Muntilan" SMP Kanisius Muntilan
Hendra Kurniawan. (2017). "Pelatihan Gerakan Literasi Sekolah di SMP Kanisius Muntilan" SMP Kanisius Muntilan
Hendra Kurniawan. (2019). "Pelatihan Gerakan Literasi (GLS) bagi Guru dan Pengurus OSIS SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu Bantul (PkMPU)" SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu Bantul
Hendra Kurniawan. (2019). "Edukasi Sejarah Publik bagi Siswa SMA di Yogyakarta: Melek Sejarah Lewat Media Sosial pada Era 4.0 (PkMPU3)" Universitas Sanata Dharma
Hendra Kurniawan. (2020). "Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru-Guru MGMP Sejarah SMK DI Yogyakarta(PkMPU1)" Kampus I Universitas Sanata Dharma
Hendra Kurniawan. (2024). "Workshop Karya Tulis untuk Siswa SMP Pius Bakti Utama Gombong" SMP Pius Bakti Utama Gombong
Hendra Kurniawan. (2024). "Workshop Pengembangan Asesmen Digital Berbasis Literasi dan Numerasi Tingkat SMA" SMA N 10 Yogyakarta
Hendra Kurniawan. (2024). "KULINER PERANAKAN TIONGHOA SEBAGAI SUMBER BELAJAR: ENRICHMENT STRANDS KECAKAPAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH"
Hendra Kurniawan. (2024). "Pemanfataan Museum Eks-Karesidenan Kedu (Tempat Ditangkapnya Pangeran Diponegoro) Sebagai Sumber Belajar Sejarah."
Hendra Kurniawan. (2024). "Pembelajaran Merdeka Bermuatan Pedagogi Ignasian pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah: Studi Kasus Euforia Pemilu Indonesia dari Masa ke Masa "
Hendra Kurniawan. (2024). "Pengembangan P5 pada Dimensi Berkebinekaan Global Melalui Eksplorasi Lokalitas dengan Memanfaatkan Aplikasi Perangkat Bergerak di SMP Pius Bakti Utama Gombong" SMP Pius Bakti Utama Gombong