www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Warga Senang, USD Berhasil Memasang Pompa Air di Dusun Karang Gunung Kidul
USD | 10 October 2017 | 13:55 WIB
  
Warga Senang, USD Berhasil Memasang Pompa Air di Dusun Karang Gunung Kidul :: usd.ac.id

Senin (9/10) Universitas Sanata Dharma melakukan pemasangan pompa air di dusun Karang, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah ini masih krisis air bersih dan untuk mendapatkannya  harus membeli dengan harga yang cukup mahal. “Pemasangan pompa air ini dimaksudkan untuk menghidupkan kembali karya pengabdian dan mimpi besar dari Almarhum Y.B. Mangunwijaya, Pr atau yang biasa dikenal dengan Romo Mangun di dusun ini. Dahulu Almarhum Romo Mangun mengabdikan diri dengan tinggal di pantai Grigak, dusun Karang dengan membuat gubug-gubug dan mempunyai mimpi untuk bisa mengangkat air dari bibir pantai dan bisa dialirkan ke pemukiman penduduk. Tiga tahun tinggal di sana, Almarhum Romo Mangun berhasil mengangkat air, namun saat terjadi gempa pada tahun 2006, semua yang dibuat menjadi luluh-lantah.” tutur Dr. Ir. Paulus Wiryono Priyotamtama, SJ,. M.Sc. selaku dosen Pendidikan Biologi USD sekaligus Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik di Indonesia (APTIK).

“Sepeninggal Romo Mangun, tim persiapan terus melakukan koordinasi dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sehingga terbentuklah program Eco Camp Mangun Karsa. Sebelum program ini terlaksana, tim ingin mencoba mengalirkan air hingga ke pemukiman penduduk dengan cara mengebor sumur di bawah tanah dan sudah berhasil dengan kedalaman 100 meter. Program Eco Camp Mangun Karsa ini merupakan kerjasama dari anggota APTIK yakni Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), dan Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata Semarang. UAJY sudah membuka akses jalan menuju ke pantai Grigak dan nantinya akan mengelola di bidang arsitek dan teknik sipil, USD mengelola untuk pemasangan pompa air, mengembangkan program-program konservasi, dan mendampingi masyarakat dalam membentuk Badan Usaha Masyarakat (BUM) dengan kata lain USD berkecimpung dan mengelola di bidang pendidikan, sedangkan Unika Soegijapranata Semarang mengembangkan di bidang tekhnologi pangan.” tambah Romo Wiryono, SJ.

Sukirno, Kepala Dukuh Karang Gunung Kidul mengatakan sangat senang dengan diadakan program ini dan sangat membantu warga untuk mendapatkan air bersih. Program Eco Camp Mangun Karsa ini akan membantu penduduk untuk mendapatkan penghasilan tambahan karena kawasan ini adalah kawasan wisata namun belum terjamah oleh pemerintah. Beliau juga menambahkan, setelah air dapat dialirkan, kawasan ini nantinya akan dibuat penampungan-penampungan air, guna menyediakan akses air bersih bagi warga dan untuk ke depannya diharapkan dapat mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata untuk meningkatkan perekonomian warga.

Setelah diadakan pengeboran sumur bor, tim program Eco Camp Mangun Karsa bersama warga mencoba berbagai instalasi alat untuk mendistribusikan air, seperti pemasangan kincir angin yang pada akhirnya patah karena tidak mampu menopang beban air. Percobaan dan instalasi alat yang sudah dilakukan berkali-kali namun gagal tersebut, pada akhirnya berhasil mengalirkan air dengan derasnya melalui pemasangan pompa air ini. Pemasangan pompa air dimulai sejak pukul 10.30 WIB oleh tim USD dan warga. Tepat pada pukul 12.30 WIB air dari sumur bor dengan kedalaman 100 meter dapat dialirkan setelah memasukkan pipa sedalam 76 meter. Selanjutnya, tim dan warga bersama-sama memasang pipa yang akan meneruskan air ke pemukiman penduduk. Terlihat sekali wajah kegembiraan warga karena air bersih sudah dapat mengalir. Akhirnya mimpi almarhum Romo Mangun ini sedikit demi sedikit dapat terwujud dengan masih terus melakukan kerjasama untuk dapat membangun kawasan Eco Camp Mangun Karso di dusun Karang, desa Girikerto, kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

(MCMKS & IDC)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.166.203.76: - 1940.5 ms  |   26 user(s) online