www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
PAK USD Adakan Dialog Lintas Agama
USD | 04 October 2017 | 17:14 WIB
  
PAK USD Adakan Dialog Lintas Agama :: usd.ac.id

Minggu (1/10) Program Studi Pendidikan Agama Katolik (PAK) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan kunjungan dialog lintas agama. Peserta yang mengikuti dialog lintas agama ini adalah mahasiswa PAK semester I yang berjumlah 70 orang,  didampingi para dosen. Kunjungan dialog lintas agama ini dilaksanakan sebagai bagian dari mata kuliah Religiusitas (Pendidikan Agama) di semester I. Tempat yang dikunjungi sekaligus dialog bersama adalah Vihara Mendut Magelang, Gereja Ortodoks Kricak Yogyakarta, Klenteng Kranggan Yogyakarta, Ashram Hindu Yogyakarta, Seminari Mertoyudan Magelang, Pesantren Pabelan Muntilan, dan yang terakhir mengunjungi kawasan Heritage Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Dr. B. A. Rukiyanto, SJ selaku dosen pengampu mata kuliah Religiusitas ini mengatakan bahwa kunjungan dan dialog lintas agama ini sangat berguna bagi mahasiswa PAK agar dapat menjadi pelopor kebhinnekaan, saling mengenal, dan menghargai umat beragama lain, mengenal ajaran-ajaran agama lain, mengenal kegiatan-kegiatannya, sehingga dapat terjalin persaudaraan dengan semua umat beragama dan menciptakan sikap toleransi antar umat beragama. Beliau juga menambahkan bahwa calon-calon guru agama dan katekis sangat penting melakukan dialog lintas agama ini agar dapat memiliki sikap terbuka terhadap umat beragama lain, tidak memiliki pandangan yang picik (eksklusif) terhadap agamanya sendiri, mampu menghargai dan menjalin persaudaraan yang sejati guna untuk membangun bangsa dan negara yang Berbhinneka Tunggal Ika.

Fabiola Laura DR, salah satu mahasiswa peserta kegiatan ini menyatakan bahwa ia merasa senang dan terkesan dengan umat yang berbeda agama. Ia senang karena merasa diterima dan dapat mengunjungi tempat-tempat ibadah serta dapat berdialog bersama, sebagai bagian dari Indonesia yang bhinneka tunggal ika. Ia juga terkesan bahwa setiap agama itu punya cara yang berbeda-beda dan menambah rasa ingin tahunya terhadap agama tersebut sehingga semakin memiliki pandangan yang luas terhadap agama-agama yang ada di Indonesia. “Kunjungan dan dialog lintas agama ini harus tetap dilakukan untuk ke depannya karena ini sangat menambah pengetahuan dan menumbuhkan rasa toleransi antar umar beragama.” Tutur Laura.

Semua mahasiswa yang mengikuti acara kunjungan dan dialog lintas agama ini terlihat sungguh antusias dan mengikuti dengan baik. Terlihat juga dengan banyak pertanyaan yang disampaikan oleh peserta ketika mengikuti acara dialog. Dengan berdialog semua akan menjadi lebih baik, semakin dapat saling menghargai sehingga tercapailah persaudaraan yang holistik demi terwujudnya Indonesia yang Berbhinneka Tunggal Ika.

(MCMKS)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.166.203.76: - 1935.9 ms  |   30 user(s) online