www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
Bahasa Indonesia  English Version 
HOME TENTANG USD PENDAFTARAN AKADEMIK
  WAPsite Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Mahasiswa USD Mengenal Korea Lebih Dekat Melalui Konkuk Summer Program 2013
USD | 20 August 2013 | 15:03 WIB
  
Mahasiswa USD  Mengenal Korea Lebih Dekat Melalui  Konkuk Summer Program 2013 :: usd.ac.id

Universitas Sanata Dharma mengirim 14 mahasiswa lintas program studi untuk mengikuti Konkuk Summer Program 2013 di Konkuk University, Chung-ju Korea Selatan selama dua minggu (15-30 Juli 2013). Empat belas mahasiswa delegasi dari USD ini didampingi oleh Ibu Henny Herawati, S.Pd., M.Hum. (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris USD).

Pengiriman mahasiswa dalam program ini merupakan pengiriman untuk kedua kalinya dari Universitas Sanata Dharma di mana pada tahun 2011, USD juga telah mengirimkan 15 mahasiswanya dalam program yang sama. Konkuk Summer program adalah program pertukaran budaya yang dilakukan mahasiswa Indonesia dan diselenggarakan oleh Universitas Konkuk di Chung-ju Korea Selatan atas kerjasamanya dengan Universitas Sanata Dharma untuk mengajak mahasiswa USD lebih mengenal Korea terutama kebudayaan Negara Korea dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Sebelum Universitas Sanata Dharma mengirim mahasiswanya ke Korea, Universitas Konkuk terlebih dahulu mengirimkan 15 mahasiswanya dalam program pertukaran budaya yang sama yang diselenggarakan USD (26 Juni-10 Juli 2013). Kedatangan mereka ke Indonesia juga dalam rangka pengenalan terhadap kebudayaan negara Indonesia.

Dalam Konkuk Summer Program, mahasiswa USD mengikuti beberapa rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan oleh Universitas Konkuk selama berada di sana. Kegiatan tersebut ditujukan untuk mengenalkan budaya Korea lebih dalam kepada para mahasiswa USD. Rangkaian kegiatan tersebut di antaranya adalah adanya kelas bahasa Korea yang dilaksanakan kurang lebih selama dua minggu dan diajarkan langsung oleh Korean Native Speaker yang tidak lain adalah staf pengajar di Universitas Konkuk. Kelas bahasa Korea yang diberikan mengajak mahasiswa USD untuk memahami tiga aspek penting yaitu speaking, reading dan writing dalam bahasa Korea. Mereka dikenalkan dengan huruf Hangeul untuk mendukung pembelajaran bahasa Korea, baik dari tulisannya maupun dari bunyinya sehingga minimal mereka bisa menulis, membaca, dan mengucapkan beberapa kata-kata dalam bahasa Korea.

Kegiatan lain yang juga ditujukan untuk mengenalkan budaya Korea adalah trip ke beberapa tempat-tempat yang bersejarah dan menjadi ciri khas Korea yaitu seperti Korean Folk Village, Museum King Sejong, Korean Palace dll. Mahasiswa USD dapat melihat berbagai keunikan dan kekhasan dari Korea di tempat-tempat tersebut, dimulai dari sejarah tentang tempat tersebut, bangunan, hasil karya sastra, benda bersejarah, dan makanan khas Korea sampai dengan tradisi unik yang dilakukan orang-orang Korea di jaman dulu. Selain ke beberapa tempat bersejarah tersebut, mahasiswa USD juga diajak untuk mengenal kebudayaan lain yang dimiliki Korea yaitu meditasi Korean Buddhist dalam kegiatan temple stay di mana mahasiwa USD harus mengikuti peraturan di tempat itu selama kegiatan meditasi tersebut berlangsung yaitu dari pagi sampai sore dengan berbagai tata susunan acara yang sudah ditentukan di bawah pendampingan salah satu Bikhu. Kekayaan budaya lain yang dimiliki Korea adalah seni bela diri tradisional Korea yang dikenal dengan Taekgyeon yangjuga menjadi pengalaman pertama yang menyenangkan di Korea. Mahasiswa USD dilatih beberapa gerakan dasar dalam seni bela diri tersebut.

Selain kelas bahasa Korea, Universitas Konkuk juga mengajak mahasiswa USD untuk mengikuti kelas memasak. Cooking class ini adalah kegiatan di mana mahasiswa USD dikenalkan dengan beberapa makanan khas Korea seperti Kimbab dan Tokpoki serta bahan dan cara pembuatannya. Kemudian mereka bersama-sama memasak makanan tersebut sekaligus menyantapnya sebagai makan siang.

Berbagai kegiatan tersebut semakin menyempurnakan pengalaman dan pengetahuan tentang kebudayaan Negara Korea bagi mahasiswa yang terpilih sebagai delegasi dari Universitas Sanata Dharma untuk mengikuti Konkuk Summer Program 2013 (Tito Tri Nugroho - TM 2012; Theodorus Cahyo Adi Nugroho - TI 2010; Samuel Kristian - SING 2010; Devy Lio Erlinda - PBSID 2010; Diana Fransisca Tirtawati - Far 2011; Stephanie - Psi 2009; Irene Dian Pratiwi - PBI 2011; Findy Tiara Sari - SING 2010; Anggi Arumsari - SING 2010; Ambar Fatah Melany – SING 2011; Andrea Melisa Visia Rosselini - SING 2011; Christina Artyka Puspitasari - PBI 2009; Erlyn Theresa Nugroho - SING 2010; Hilda Muliastuti Widesti - Psi 2010). (AA)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma
© 2014 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  50.17.174.94: - 2095.8 ms  |   11 user(s) online